Makanan dan Minuman untuk Mencegah Sakit Gigi

Mencegah Sakit Gigi - Sakit gigi lebih baik dari sakit hati? Mungkin. Tapi bukan berarti sakit gigi adalah sesuatu yang remeh. Kalau anda pernah merasakannya, wah, saya tidak usah cerita. Tapi bagi anda yang belum, sakit gigi itu luar biasa sakitnya. Cenut-cenut, nyeri, sakit juga semua bagian tubuh. Pengennya mencabut kalau sedang sakit tapi begitu sembuh lupa deh. Ya nggak?

Untuk bisa mencegah sakit gigi tentu kita bisa memulai dengan sikat gigi yang teratur, mencegah gigi berlubang, dan juga membersihkan plak gigi. Tetapi itu saja belum tentu bisa menjamin gigi kita menjadi sehat. Karena gigi kan ada hubungannya dengan syaraf. Masuk angin juga bisa menyebabkan sakit gigi kan?
makanan untuk mencegah sakit gigi


Seorang dokter, Christine Wu, sebagai mana dikuti Ummi Online menyatakan bawha sakit gigi itu bisa dicegah. Cara pencegahannya bisa dilakukan dengan makanan dan minuman. Baiklah inilah beberapa makanan yang dapat mencegah sakit gigi menurut penelitian Wu yang dibagikan Cara Cantik Sehat.

Cara Mencegah Sakit Gigi dengan Makanan


Keju untuk Mencegah Sakit Gigi

Keju ternyata dapat menetralkan asam plak. Anak usia 12-15 tahun yang mengonsumsi keju cheddar punya tingkat kadar asam yang rendah di mulut mereka dibandingkan dengan mereka yang meminum segelas susu atau yoghurt bebas gula. Tetapi tentu saja mesti harus rajin sikat gigi.

Khasiat Teh

Teh juga dapat menjadi bahan ampuh mencegah sakit gigi. Karena the punya senyawa polifenol, yang fungsinya memperlambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Ini berlaku bagi teh hitam atau hijau. Diketahui, orang yang berkumur dengan teh hitam sepuluh kali sehari selama satu menit lebih sedikit memiliki penumpukan plak pada gigi daripada orang-orang yang berkumur dengan air.

Makanan yang Renyah

Apa saja makanan renyah itu? Wortel, apel, timun misalnya, merupakan makanan yang renyah untuk dikunyah. Dengan mengunyah makanan tadi dapat menggempur plak-plak yang menempel pada gigi dan berfungsi sebagai mekanisme pembersih. Oh jadi begitu cara kerja pencegahan makanan renyah yang dimaksud.

Khasiat Kismis 

khasiat kismis untuk mencegah sakit gigi

Memang manis sih, tapi sebenarnya rasa manis yang ada pada kismis mengandung sukrosa atau gula meja. Kismis merupakan sumber dari phytochemical, yang dapat membunuh bakteri penyebab plak rongga. Beberapa senyawa dalam kismis juga memengaruhi pertumbuhan bakteri yang terkait dengan penyakit gusi sehingga sakit gigi dapat dicegah.

Makanan berkalsium dan kaya vitamin

Untuk mencegah sakit gigi bisa dilakukan dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung kalsium seperti keju, almond, sayuran hijau, serta makanan yang tinggi fosfor seperti daging, telur dan ikan, yang dapat membantu menjaga enamel gigi tetap kuat dan sehat.

Khasiat Susu untuk Menangkal Sakit Gigi

Minum susu juga dapat menetralkan beberapa asam yang dihasilkan oleh bakteri plak. Minum segelas susu setelah memakan makanan yang manis, seperti kue coklat, dapat melindungi gigi dari penyakit.

Kehebatan Permen Karet

Ya pilihlah permen karent yang rendah gula. Menurut si dokter Wu, mengunyah permen karet rendah gula setelah makan dapat meningkatkan sekresi air liur yang dapat menyingkirkan beberapa jenis bakteri pengebab sakit gigi.

Baca juga: Cara Sehat Terbebas dari Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami dan Keajaiban dan Khasiat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

Percaya atau tidak begitulah penelitian dari dokter Wu tentang makanan yang dapat mencegah sakit gigi. Saya kira penelitian tersebut tidak dilakukan dalam satu malam dan memang masuk akal juga ya. Semoga kita terhindar dari sakit gigi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »