Inilah Solusi Aman Ibu Hamil yang Mengalami Flu

Obat Flu Apa Yang tepat Bagi Ibu Hamil?Anda mungkin pernah bertanya begitu. Ya itu adalah pertanyaan yang tidak sembarangan bisa dijawab karena menyangkut kesehatan anda dan buah hati anda di dalam kandungan. Sebelum kita bahas soal obat flu ibu hamil saya ingin bertanya dulu...apakah anda pernah membaca artikel sebab, akibat, solusi dan batuk yang tepat bagi ibu hamil. Dalam artikel yang mendapat banyak sekali mendapat sambutan dari para pembaca, dijelaskan tentang detail sebab dan solusi batuk pada ibu hamil. Batuk dan flu adalah saudara dekat. Dan khususnya para ibu hamil dan mungkin juga suaminya yang mencoba mencarikan solusi yang tepat dan aman. 

Baiklah kali ini Cara Cantik Sehat akan mencoba mengulas seputar obat flu untuk ibu hamil. Mari kita simak bersama.

Memang benar, ketika orang hamil semuanya menjadi berubah. Anda mendadak menyadari bahwa apa pun yang Anda lakukan tidak hanya mempengaruhi tubuh Anda, tetapi janin yang adalam rahim anda. Makanya, segalanya harus direspon dengan cepat, dan tepat. Termasuk ketika anda mengalami flu. 

Obat Flu Ibu Hamil yang Aman 

obat flu ibu hamil

Jika biasanya anda flu dalam kondisi tidak sedang hamil, tentu anda tidak akan berpikir panjang masalah obat. Mungkin anda akan langsung saja pergi ke apotik atau warung terdekat dan meminumnya, meski untuk sembuh belum tentu. Nah, bagaimana ketika anda hamil. Apakah orang hamil aman mengonsumi obat flu? Jika ada, obat pilek apa yang cocok untuk ibu hamil?

Bagaimana tanggapan dokter berkaitan dengan obat flu ibu hamil? Pasti ada obat yang aman untuk mengambil saat hamil, demikian menurut Dr Dauphin-Baptiste sebagaimana dikutip healthline.com. Tapi tentu tidak boleh sembarang obat boleh diminum. Anda, wahai wanita hamil, harus hati-hati benar dengan obat. Jika tidak ingin beresiko, konsutasikan saja ke dokter. 
penyebab flu

Perlu diketahui, sebenarnya memang wanita hamil lebih rentan terhadap flu atau pilek. Seorang ahli medis bernama Cleveland Clinic mengatakan bahwa sistem kekebalan tubuh bisa turun selama kehamilan. Hal inilah yang membuat ibu hami rentan terkenal inflensa, atau penyakit lainnya. Kalau orang jawa bilang sih, ah, itu bawaan bayi.

Meskipun sebagian besar pilek tidak menyajikan bahaya bagi janin, flu harus diambil lebih serius, tentu saja. Ibu hamil lebih mudah terkena flu dibanding wanita yang tidak hamil. Oleh karena itu, ibu hamil bisa mendapatkan vaksinasi flu sangat penting, cobalah minta saran dokter. Hal ini sebagaimana disampaikan Ingrid Rodi seorang ahli OB/GYN. Ia mengatakan, setiap ibuy hamil perlu memikirkan vaksin flu-nya.
solusi flu ibu hamil

Ingat, flu pada ibu hamil bisa datang kapan saja tanpa diundang, sehingga anda perlu waspada. Nah, untuk itu, mencegah datangnya pilek pada ibu hamil sangat penting. Caranya, selain dengan vaksinasi adalah dengan mencuci tangan, mencukupkan istirahat (tidur), dan berpikir tenang, tidak stress. Selain itu, olah raga dan makan-makanan yang bergizi juga baik untuk menjaga anda dari flu.

Obat flu hamil alami

Jika anda mencari obat flu yang aman untuk ibu hamil tanpa ingin bertanya ke dokter, anda bisa mencoba hal berikut: 

Buatlah secangkir teh hangat tanpa kafein lalu tambahkan madu secukupnya. Itu dapat membantu meringankan sakit tenggorokan anda. Selain itu, jika anda tidur, angkatlah kepala anda. Menggunakan obat luar pelega tenggorokan seperti Vicks juga tidak apa-apa. Tapi tanyakan dulu pada dokter, itu lebih baik.
Selain itu, obat flu bagi ibu hamil yang cocok adalah juga sup ayam. Sup ayam dipercaya dapat membantu meredakan peradangan dan menenangkan hidung mampet. Atau coba juga mandi dengan ir hangat dan minum air hanya banyak-banyak.[ Baca juga: Obat Mual ]

Anda pasti sudah tahu, dan ini diingatkan oleh banyak dokter, bahwa mengonsumsi obat pada 12 minggu pertama kehamilan sebaiknya dihindari. Sebab waktu itu adalah saat-saat penting bagi perkembangan organ bayi yang anda kandung. Tidak hanya itu, banyak dokter juga menganjurkan untuk berhati-hati setelah 28 minggu masa kehamilan.

Beberapa obat yang berbahaya bagi ibu hami antara lain yang mengandung ibuprofen (Motrin, Advil, dan lain-lain), kodein, naproxen (Aleve), aspirin .

Jangan Remehkan Flu Saat Hamil

Kelihatannya sepele, cuma flu. Tapi banyak dokter mengingatkan, agar ibu hamil jangan meremehkannya. Sebab pilek pada wanita hamil dapat membuat perempuan hamil berisiko terkena komplikasi seperti demam tinggi dan pneumonia. Demam tinggi tersebut dapat membawa janin memiliki risiko kelahiran prematur atau cacat. [ Baca juga: Cara Mengetahui Kehamilan]

Demikian pembahasan lengkap seputar Obat Flu Ibu Hamil yang Tepat dan Aman. Semoga nanti bisa disusul lagi dengan yang lebih banyak lagi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »