Cara Sehat Terbebas dari Radang Tenggorokan dengan Bahan Alami

Mengobati Radang Tenggorokan – Akhir-akhir ini banyak orang mengeluh karena merasa tenggorokannya gatal, dan setelah diperiksa ke dokter ternyata sakitnya adalah radang tenggorokan. Memang, selama beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan bakteri yang mana bakteri tersebut bisa menahan antibiotik yang kita pakai. Manusia modern terlalu sering menggunakan antibiotik. Padahal sebenarnya keseringan memakai antibiotik dapat berkontribusi terhadap bakteri resisten, sehingga dokter sekarang meminta pasien untuk berpikir dua kali untuk meminta resep. Sakit tenggorokan, misalnya, sering disebabkan oleh virus, bukan infeksi bakteri. Dan karenanya antibiotik tidak akan membantu menyembuhkan. Kami memiliki beberapa solusi alami, bagaimanapun, yang dapat membuat Anda merasa lebih baik. 
 
Sebelum kita membahas cara mengobati radang tenggorokan dengan cara tradisional dan bahan-bahan alami, marilah terlebih dulu kita ketahui bersama apa itu radang tenggorokan dan penyebanya. Radang tenggorokan kerap juga disebut sebagai penyakit faringtis. Jenis penyakit tersebut merupakan penyakit radang yang menyerang hulu tenggorokan manusia. Pada umumnya penyakit ini muncul karena virus, meski ada yang mengatakan disebabkan oleh bakter bakteri  dan daya tahan tubuh lemah, demikian para ahli kesehatan mengungkapkan, terkait dengan pengobatan radang tenggorokan.

Apa saja Penyebab Radang Tenggorokan?

Radang Tenggorokan biasanya disebabkan oleh Alergi, bisa juga oleh udara kering, dan polusi di luar ruangan, serta penyakit lainnya seperti pilek, flu, campak, cacar air, mononucleosis (mono), dan sesak napas. Semua itu bisa menyebabkan seseorang menderita sakit tenggorokan.

Infeksi bakteri hanya berpengaruh sebagian kecil dari sakit tenggorokan, termasuk yang terkait dengan radang tenggorokan, batuk rejan, dan difteri.

Obat Radang Tenggorokan Alami

Kalau kita ingin simpel ya tinggal beli obat atau berkunjung ke dokter untuk mengobati radang tenggorokan. Tapi jika ingin lebih aman dan tidak mengeluarkan biaya banyak, maka anda bisa meramu sendiri obat radang tenggorokan untuk keluarga anda di rumah.

Beberapa ramuan obat alami radang tenggorokan di antaranya, madu, air garam, bisa pula denan sop ayam dan bawang putih.  Berikut akan dijelaskan cara membuat dan bagaimana obat alami radang tenggorokan tersebut dapat meringankan dan menyembuhkan penyakit anda.

Penggunaan Madu untuk Obat Radang Tenggorokan

Cara menggunakan madu untuk obat radang tenggorokan adalah dengan mencampurkan madu dalam teh. Ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa madu memiliki banyak keajaiban, dan keajaiban madu untuk mengobati radang tenggorokan telah terbukti. Penelitian tersebut menyatakan bahwa madu bahkan lebih efektif dalam menjinakkan batuk malam hari daripada obat batuk biasa. Selain itu, madu adalah penyembuh luka yang efektif. Dan karena ini berkaitan dengan sakit dan luka di tenggorokan, maka madu dapat mengobatinya.

Berkumur dengan Air Garam

Ya, orang tua kita kerap menganjurkan untuk berkumur dengan air garam ketika kita mengalami sakit di sekitar mulut. Sakit gigi misalnya. Ayah saya selalu menyuruh berkumur dengan air garam sambil sikat gigi. Dan ternyata memang air garam mengandung keajaiban, termasuk bisa mengobati sakit radang tenggorokan.

Ternyta itu tidak hanya mitos, menurut beberapa sumber di bidang kesehatan, berkumur dengan air garam hangat bisa membantu kita menenangkan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Ini juga dikenal untuk membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Selain itu, larutan air garam yang terdiri dari setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga tenggorokan kita tetap bersih. Silahkan di coba. Hanya butuh garam dan air hangat, tidak usah mengeluarkan uang lagi.

Khasiat Pappermint

obat herbal radang tenggorokan


Anda tahu daun pappermint? Nah pappermint ternyata mengandung banyak khasiat. Ada penelitian yang menyatakan bahwa peppermint memiliki kandungan menthol, yang membantu mengencerkan lendir dan menenangkan sakit tenggorokan dan batuk. Pappermint bisa digunakan sebagai obat herbal karena mengandung sifat antivirus anti-inflamasi, antibakteri, yang itu semua dapat membantu mendorong penyembuhan radang tenggorokan. [Baca juga Obat Kembang Mual Alami ]

Khasiat sup ayam

Uh, mengucapkan kata sup ayam saja sudah membuat perut saya terasa ikut lapar. Hehe.. tidak hanya mengengangkan, sup ayam juga dapat digunakan untuk penyembuh radang tenggorokan. Dalam sup ayam terkandung sodium dan natrium yang bermanfaat sebagai anti inflamasi yang terjadi pada tenggorokan. Jadi sup ayam bisa menjadi obat radang tenggorokan untuk anak maupun dewasa. Wah, sudah enak, bisa jadi obat pula. Ngomong-ngomong apakah anda suka sup ayam? Saya tidak begitu menyukainya.

Khasiat Bawang Putih Untuk Pereda Radang Tenggorokan

obat alami radang tenggorokan
Bawang putih mah sudah sangat terkenal sebagai obat. Bisa sebagai obat penurun darah tinggi dan sebagainya, termasuk untuk mengobati radang tenggorokan secara alami. Dalam bawang putih terkandung senyawa yang bisa membunuh bakteri. Bagaimana cara menggunakan bawang putih untuk pereda radang tenggorokan? Caranya adalah dengan mengunyahnya mentah-mentah. Cobalah, dan lihat hasilnya. Agak pedas mungkin, saya sendiri belum pernah mencoba. Tapi tidak ada efek sampingnya kok, namanya juga obat herbal.[Baca juga: Obat Varises di Apotik]

Demikian beberapa cara mengatasi radang tenggorokan. Rerep tersebut bisa pula dipakai untuk obat batuk radang tenggorokan. Anda bisa membuat  sendiri di rumah, atau memberi tahukan teman-teman anda yang mengalami sakit yang sama. Dan jika berkenan, silahkan ceritakan pengalaman anda tentang obat alami radang tenggorokan. Indahnya berbagai.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »