Tips dan Menu Diet Selama Puasa Ramadhan

Diet Selama Puasa Ramadhan - Puasa selama bulan Ramadhan bisa baik untuk kesehatan seseorang, juga untuk pengembangan mental kepribadian. Puasa Ramadan bukan hanya bias mendisiplinkan tubuh untuk menahan dari makan makanan dan air minum dari dinihari sampai matahari terbenam. Mata, telinga, lidah, dan bahkan bagian pribadi sama-sama diwajibkan untuk dikendalikan jika seorang Muslim ingin mendapatkan keseluruhan manfaat puasa. Ramadhan juga dapat melatih kita untuk menahan amarah, melatih melakukan perbuatan baik, dan mempersiapkan diri untuk membantu orang, baik selama dan setelah Ramadhan. Sebab Puasa tidak hanya menahan dari makanan dan minuman, puasa adalah menahan diri dari berbuat jahat.

Menahan dari makan dan minum, dan perilaku yang tidak diinginkan membuat seseorang lebih disiplin mental dan kurang rentan terhadap perilaku yang tidak sehat. Dalam penelitian di Yordania, penurunan yang signifikan dari kasus parasuicidal tercatat selama bulan Ramadhan. Di Inggris, model Ramadhan telah digunakan oleh berbagai departemen kesehatan dan organisasi untuk mengurangi merokok di masyarakat, terutama di kalangan orang Afrika dan Asia. Ajaib bukan?


diet dengan berpuasa


Puasa Ramadhan memiliki aspek spiritual, manfaat fisik, psikologis, sekaligus sosial; Namun, masalah dapat dapat terjadi, jika puasa tidak dilakukan dengan benar. Tubuh memiliki mekanisme pengaturan tertentu selama puasa. Metabolisme menjadi melambat selama puasa Ramadhan. Diet yang kurang dari jumlah normal asupan makanan seimbang tetapi cukup memadai untuk menjaga seseorang sehat dan aktif selama bulan Ramadhan.

Masalah kesehatan dapat muncul sebagai akibat dari kelebihan asupan makanan, makanan yang membuat diet tidak seimbang, dan kurang tidur (5, 6). Pada akhirnya juga, gaya hidup semacam itu bertentangan dengan persyaratan utama dan semangat Ramadan.

DIET SELAMA RAMADAN


Menurut Sunnah (praktik Nabi Muhammad, SAW) dan temuan penelitian sebagaimana dimaksud dalam tulisan ini, diet selama ramadhan antara lai sebagai berikut:


Roti / Cereal / Beras, Pasta, Biskuit dan Cracker Kelompok: 6-11 porsi / hari;
2. Daging / Beans / Nut Grup: 2-3 porsi / hari.
3. Susu dan Susu Product Group: 2-3 porsi / hari.
4. Sayuran Kelompok: 3-5 porsi / hari;
5. Buah Grup: 2-4 porsi / hari.
6. Ditambahkan gula (gula meja, sukrosa): hemat.
7. Ditambahkan lemak, minyak tak jenuh ganda 4-7 sendok meja.

Menu Takjil

Juice, 1 porsi
Sup sayuran dengan beberapa pasta atau biskuit, 1 cangkir

Kebutuhan segera tubuh pada saat berbuka puasa adalah untuk mendapatkan sumber energi mudah tersedia dalam bentuk glukosa untuk setiap sel hidup, terutama sel-sel otak dan saraf. Kurma dan jus merupakan sumber yang baik dari gula. Tanggal dan jus dalam jumlah di atas adalah cukup untuk membawa tingkat glukosa darah yang rendah ke tingkat normal. Jus dan sup membantu mempertahankan air dan mineral keseimbangan dalam tubuh. Diet yang tidak seimbang dan terlalu banyak porsi sherbets dan permen dengan tambahan gula telah terbukti tidak sehat.

Menu Buka Puasa untuk Diet


Mengkonsumsi makanan dari semua kelompok makanan berikut ini:

Daging / Bean Kelompok:

Ayam, daging sapi, domba, kambing, ikan, 1-2 porsi (takaran saji = sepotong = 1 oz); kacang hijau, kacang (garbanzo, chana, humus), gram hijau, gram hitam, lentil, kacang lima dan kacang-kacangan lainnya, 1 porsi (setengah cangkir).Daging dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang baik, mineral, dan vitamin tertentu. Kacang adalah sumber serat makanan, juga.

Roti / Cereal Kelompok:

Roti gandum, 2 porsi (melayani size = 1 oz) atau nasi, satu cangkir atau kombinasi. Kelompok ini merupakan sumber yang baik dari karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi yang baik dan memberikan beberapa protein, mineral, dan serat makanan.

Susu Kelompok:

susu atau mentega-susu (lassi tanpa gula), yogurt atau keju cottage (satu cangkir). Mereka yang tidak dapat mentoleransi susu harus mencoba produk fermentasi seperti mentega-susu dan yogurt. Susu dan produk susu merupakan sumber yang baik dari protein dan kalsium, yang penting untuk pemeliharaan jaringan tubuh dan beberapa fungsi fisiologis.

Sayuran Kelompok:

Campuran salad sayur, 1 porsi (satu cangkir), (selada, wortel, peterseli, mentimun, brokoli, daun ketumbar, kembang kol atau sayuran lain sesuai keinginan.) Tambahkan 2 sendok teh minyak zaitun atau minyak tak jenuh ganda dan 2 sendok cuka. Lemak tak jenuh ganda memberikan tubuh dengan asam lemak esensial dan asam keto. Dimasak sayuran seperti kacang guar, kacang Perancis, okra (bhindi), terong (baigan), labu botol (loki), kubis, bayam, 1 porsi (4 oz). Sayuran adalah sumber serat makanan, vitamin A, karoten, lycopenes, dan phytochemical lainnya, yang merupakan antioksidan. Ini sangat membantu dalam pencegahan kanker, penyakit jantung, dan banyak masalah kesehatan lainnya.

Buah Kelompok:

1-2 porsi jeruk dan / atau buah-buahan lainnya. Makan buah-buahan sebagai item terakhir dari makan malam atau segera setelah makan malam, untuk memperlancar pencernaan dan mencegah berbagai masalah pencernaan. Buah jeruk menyediakan vitamin C. Buah adalah sumber yang baik dari serat makanan.

Buah-buahan dan kacang-kacangan bisa dimakan sebagai camilan setelah makan malam atau sebelum tidur atau tarawiaha.

Menu Makan sahur untuk Diet Selama Ramadhan
Mengkonsumsi sahur. Makan gandum atau oat sereal atau roti gandum, 1-2 porsi dengan secangkir susu.Tambahkan 2-3 sendok teh minyak zaitun atau lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda lainnya dalam salad atau sereal. Makan 1-2 porsi buah-buahan, sebagai item terakhir.

PEMBAHASAN

Kolesterol darah dan kadar asam urat kadang-kadang meningkat selama bulan Ramadhan (8). Bertentangan dengan pemikiran populer, ditemukan bahwa asupan diet cukup tinggi lemak, sekitar 36% dari total energi (kalori), meningkatkan profil kolesterol darah, Nomani, et al. (9) dan Nomani (10). Hal ini juga mencegah ketinggian kadar asam urat darah (8-10). Pedoman direkomendasikan normal untuk lemak adalah 30% atau kurang energi. Atas dasar berat badan, disarankan asupan lemak selama bulan Ramadhan hampir sama seperti pada hari biasa. Lemak diperlukan untuk penyerapan vitamin larut lemak (A, D, E, K) dan karotenoid. Asam lemak esensial merupakan komponen penting dari membran sel. Mereka juga diperlukan untuk sintesis hormon prostaglandin. Keto-asam dari lemak sangat bermanfaat selama Ramadhan untuk memenuhi kebutuhan energi sel-sel otak dan saraf. Keto-asam juga berguna dalam sintesis glukosa melalui jalur metabolisme glukoneogenesis. Hal ini mengurangi kerusakan protein tubuh untuk sintesis glukosa. Oleh karena itu, setara dengan energi dari 1-2 porsi roti / sereal dapat digantikan dengan lemak tak jenuh ganda.

Kebutuhan perempuan hamil dan menyusui untuk energi dan gizi yang lebih penting daripada kebutuhan laki-laki (14).Ada kemungkinan komplikasi kesehatan bagi ibu hamil dan janin atau ibu menyusui dan anak disusui, jika energi dan nutrisi persyaratan tidak terpenuhi selama bulan Ramadhan (15-19). Pemerintah, masyarakat, dan kepala keluarga harus memberikan prioritas tertinggi untuk memenuhi kebutuhan diet perempuan. Di negara-negara Afrika, Bangladesh, India, Pakistan dan banyak tempat lainnya kekurangan gizi adalah masalah utama, khususnya di kalangan perempuan dari kelompok berpenghasilan rendah. Lebih jauh lagi, itu adalah umum di antara wanita-wanita untuk melakukan pekerjaan berat di pertanian atau di pabrik-pabrik, dan tempat-tempat lain. Kondisi kekurangan gizi dan berat dapat menyebabkan masalah medis dan bahaya bagi kehidupan. Dalam kondisi ini seseorang harus berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan dan maulana atau shiekh penundaan atau saran lainnya mengenai puasa. Quran Al-Hakeem dan Hadis memungkinkan wanita hamil dan ibu menyusui fleksibilitas selama bulan Ramadhan.

Untuk tujuan praktis dan estimasi nutrisi diet dirumuskan, diberikan di bawah ini:

Takjil

3 tanggal, 1/2 cangkir jus jeruk, 1 cangkir sup sayuran, 2 biskuit polos;

Makan Malam, atau menu buka

1 cangkir salad sayuran dengan dua sendok teh minyak jagung dan dua sendok teh cuka, 2 oz. ayam, 1/2 cangkir okra, 4 oz. dimasak seluruh chana (garbanzo), 3 sendok teh minyak saat memasak hidangan utama, 2 iris roti gandum, 1 cangkir beras dimasak, 3/4 cangkir yogurt tawar, satu jeruk, 1/2 cangkir anggur, 1 oz kacang-campuran panggang-tanpa garam;

Sahur:
2 iris roti gandum, 1 cangkir susu, 1/4 cangkir salad sayuran dengan dua sendok teh minyak jagung dan dua sendok teh cuka, 1 apel berkulit, 2 sendok teh gula dengan teh atau kopi.


diet puasa
IV Ahli Gizi (20) digunakan untuk memperkirakan energi dan kandungan gizi dalam makanan di atas, yang adalah sebagai berikut: energi, 2.136 kilokalori; protein, 70g; karbohidrat, 286g; lemak, 87g, 35% energi dari total asupan, (16.9g lemak jenuh, mono jenuh, 28.4g, poli tak jenuh, 34g, 7.3g lain; - oleat, 25.6g, linoleat, 29,5, linolenat, 0.6g; EPA -Omega-3, 0.006g, DHA omega-3-, 0.023g, serat 34g makanan, kalsium, 1013mg, sodium, 3252 mg, kalium, 2963mg, 13.3mg besi, seng, 10mg Ketika nutrisi dibandingkan dengan yang direkomendasikan. Dietary Allowance (RDA), untuk orang dewasa yang tidak hamil dan non-menyusui perempuan (14), diet bertemu 100% atau lebih dari RDA untuk protein, kalsium, natrium, kalium, dan vitamin A, K, B1, B2, B3, B6, B12, folat, dan C. Energi dekat dengan RDA, (97%). Tingkat serat makanan juga bertemu sesuai rekomendasi (11). Mengkonsumsi makanan dalam jumlah di atas dengan perempuan hamil atau menyusui mungkin tidak memenuhi RDA untuk semua nutrisi. Mereka mungkin perlu suplemen dari beberapa mineral dan vitamin seperti, besi vitamin D, dan lebih banyak energi melalui roti atau nasi.

Saran lebih lanjut:

· Minum air yang cukup antara Iftar dan tidur untuk menghindari dehidrasi.

· Mengkonsumsi sayuran yang cukup di makan s. Makan buah-buahan di akhir makan.

· Hindari asupan gula tinggi (gula meja, sukrosa) makanan melalui permen atau bentuk lain.

· Hindari makanan pedas.

· Hindari minuman kafein seperti kokas, kopi atau teh. Kafein adalah diuretik. Tiga hari sampai lima hari sebelum Ramadan secara bertahap mengurangi asupan minuman ini. Penurunan tiba-tiba meminta kafein sakit kepala, perubahan suasana hati dan mudah tersinggung.

· Merokok merupakan faktor risiko kesehatan. Hindari merokok. Jika Anda tidak dapat berhenti merokok, mengurangi bertahap mulai beberapa minggu sebelum Ramadhan. Merokok negatif mempengaruhi pemanfaatan berbagai vitamin, metabolit dan sistem enzim dalam tubuh.

Orang normal atau kelebihan berat badan sebaiknya tidak menambah berat badan. Bagi orang-orang kelebihan berat badan Ramadhan adalah kesempatan yang baik untuk menurunkan berat badan. Orang berat badan kurus atau sedikit normal asa dari kehilangan berat badan. Menganalisis energi diet dan komponen gizi, menggunakan tabel komposisi makanan atau perangkat lunak komputer, akan berguna dalam perencanaan diet yang sesuai.

Disarankan setiap orang terlibat dalam beberapa jenis olahraga ringan, seperti peregangan atau berjalan. Sangat penting untuk mengikuti praktek-praktek manajemen waktu yang baik untuk ibada (doa dan kegiatan keagamaan lainnya), tidur, studi, pekerjaan, dan aktivitas fisik atau olahraga.

Singkatnya, asupan makanan yang seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan yang baik, mempertahankan gaya hidup aktif dan mencapai manfaat penuh dari Ramadhan.

diterjemahkan dari http://www.labs.net/ains/ramadan.htm 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »