Makanan Penjaga Kesehatan dan Stamina Saat Puasa

Berpuasa di bulan Ramadhan dalam waktu 30 hari penuh tentu jadi tantangan tersendiri. Sesudah seharian kita menahan lapar, tentu saat berbuka ingin menyantap makanan lezat dan menggugah selera. Namun banyak dari kita yg melupakan pentingnya mengonsumsi makanan & minuman yg menyehatkan. Bila sudah satu hari berpuasa kemudian berbuka dengan makanan yang hanya asal-asalan / enak tapi tdk memiliki gizi sama sekali maka akan menjadikan kondisi tubuh menurun.

Bila Anda makan makanan yg tidak membantu anda dalam menjaga kondisi tubuh Kamu maka bisa saja Anda malah terkena beberapa penyakit seperti misalnya maag, atau kurang vitamin & sakit kepala. Selama menjalankan ibadah puasa kita dianjurkan unt rutin memakan makanan di bawah ini supaya kesehatan kita dapat terjaga. Sederhana saja makanannya, tidak usah yang mahal-mahal. Makanan di bawah ini tidak susah kok didapatkan dan dapat dikombinasikan dengan makanan lain favorit Anda untuk berbuka puasa.
menu buka puasa ramadhan


berikut adalah beberapa Makanan Penjaga Kesehatan dan Stamina Saat Puasa

Sayuran berdaun hijau


Sayur mayur berdaun hijau sangat diperlukan untuk suplai vitamin dan serat dalam tubuh. Sayur mayur berdaun hijau mudah dicerna oleh tubuh sehingga organ dalam tubuh tdk bekerja terlampau keras untuk mencerna makanan setelah seharian tidak memakan apapun. Memasak sayuran berdaun hijau sebenarnya cukup mudah, bisa hanya dengan ditumis / disayur & jangan sampai layu karena hendak banyak kandungan bermanfaatnya yg lenyap.

Ganti dengan Beras merah


Mayoritas memang menggunakan beras putih? anda juga? Sudahkah Anda mencoba unt mengganti nasi putih dengan nasi merah? Nasi merah memiliki serat yang tinggi yang lebih rendah gula dibandingkan dengan nasi putih. Memakan nasi merah membuat kenyang lebih lama & mengontrol kadar gula. Nasi merah baik dikonsumsi unt buka puasa atau ketika sahur. Mungkin harganya lebih mahal ya?

Menjadikan Dicampur Buah


Bila Kamu menghindari mengonsumsi nasi baik nasi putih ataupun nasi merah, jangan lantas tdk menyantap karbohidrat apapun untuk berbuka puasa. Kamu dapat menjadikan oat yg dicampur dengan potongan buah. Oat mudah dicerna dan seratnya tinggi. Makanan yang berserat tinggi baik dimakan unt buka puasa.

Buah-buahan Untuk memulihkan Kesegaran


Tidak ada salahnya anda menyantap sepotong melon atau satu butir jeruk di saat berbuka puasa. Vitamin yang ada pada buah-buahan membuat tubuh merasa segar. Selain itu, buah-buahan yg segar membantu tubuh unt menyesuaikan diri sebelum memakan makanan berat untuk berbuka puasa.
Kacang-Kacangan lebih mudah dicerna
Kacang-kacangan dikenal terdapat kandungan protein yang tinggi. Memakan sayur hijau & kacang-kacangan dianjurkan jadi menu sayur untuk buka puasa. Kamu dapat menjadikan sayur asam / sayur bayam yg ada sayur hijau dan kacang-kacangan di dalamnya. Protein dibutuhkan oleh tubuh & kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna & tidak membuat kaget organ tubuh ketika dikonsumsi unt buka puasa.
makanan sehat saat puasa


Demikianlah beberapa makanan yang cocok untuk bulan puasa.

Ya, benar. Menjaga kesehatan selama bulan Ramadan dapat dimulai dari hal yg paling sederhana, yaitu menu berbuka puasa. Kamu dapat mengkombinasikan 5 makanan di atas kedalam menu berbuka Kamu. Yuk jaga kesehatan selama bulan Ramadan!

Referensi m.vemale.com
baca juga

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »