Cara Ampuh Mencegah, Mengobati, dan Menghilangkan Varises

cara mengatasi varises



Cara Menghilangkan Varises - Apa itu varises? Varises adalah pelebaran & penambahan jumlah pembuluh darah balik (vena) yang berlebihan dan seperti sarang laba-laba. Umumnya terjadi pada daerah tungkai bawah, wajah (ukurannya kecil-kecil, disebut telangiektasis), tapi dapat juga pada seluruh tubuh.

Secara awam, varises diasosiasikan dengan benjolan berkelok-kelok berwarna kehijauan yang membayang di tungkai bawah. Unt jenis ini penyebabnya di antaranya keturunan, proses penuaan, akibat gravitasi (cairan terkumpul di wilayah bawah tungkai karena tidak sedikit tegak atau berdiri, contohnya), dan perubahan hormonal (karena kehamilan atau menopause). Letak varises pada tungkai ada yg di permukaan (terlihat dari permukaan kulit) & ada yang dalam (tdk terlihat dari luar).

Varises yang terletak di dalam dapat menyebabkan rasa pegal dan nyeri berkepanjangan pada tungkai. Juga banyak kasus ekstrim kulit yang parah sampai menimbulkan koreng besar & sukar sembuh pada tungkai bawah karena varises jenis ini.

Cara Ampuh Mencegah, Mengobati, dan Menghilangkan Varises

Pengobatan varises tungkai umumnya dilakukan karena alasan keelokan (kosmetika), terutama yg jenis permukaan. Sayang sekali belum ada obat yang diminum yang dapat menyembuhkan varises. Ada beberapa obat minum yg diiklankan dapat mengempiskan varises. Katanya obat ini dapat memperlancar peredaran darah. Secara logika itu sukar diterima karena dinding pembuluh darah varises telah melar laksana balon yang telah ditiup & mustahil kembali ke bentuk semula.

Jadi saat ini pengobatan paling baik untuk varises tungkai adalah dg skleroterapi yaitu penyuntikan bahan kimia (larutan garam spesial konsentrasi tinggi) langsung ke dalam pembuluh darah varises. Pengobatan ini wajib dilakukan oleh ahli kesehatan spesialis kulit & kelamin yg memiliki sertifikat pengobatan varises / oleh ahli kesehatan spesialis bedah pembuluh darah (bedah vaskuler). Tindakan ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang ahli kesehatan karena akibatnya dapat fatal jika salah terapi, yaitu dapat menyebabkan pembusukan kaki dan kemungkinan amputasi.

Cara kerja skleroterapi yaitu cairan garam yg disuntikkan hendak menyebabkan iritasi pada dinding dalam pembuluh darah hingga menjadi rusak & akhirnya diserap oleh tubuh. Injeksi ini akan terasa tidak banyak panas, nyeri dan terlihat memar kebiruan dalam waktu beberapa hari. Varises akan menghilang sesudah 2 hingga 6 minggu kemudian. Kadang harus diulangi dua-3 kali suntikan lagi dalam jeda enam mingguan untuk mendapatkan hasil varises yang benar-benar bersih.

Varises yg telah diobati dg skleroterapi insya Allah tdk akan muncul lagi. Namun, varises baru tetap bisa muncul pada lokasi lain. Skleroterapi relatif aman jika
dilakukan dengan benar. Tindakan ini tdk boleh dilakukan pada penderita yg sedang hamil, sakit gula (diabetes melitus), penyakit sumbatan pembuluh darah, hepatitis, & AIDS. Tindakan ini bisa dilakukan pada ibu, enam bulan sesudah melahirkan. Penting sekali upaya pencegahan agar tdk muncul varises, baik bagi kita yang sehat maupun yg telah menjalani pengobatan. Caranya:

• Selalu jaga berat badan, jangan sampai gemuk.
• Sesudah banyak melakukan kegiatan dengan tegak atau berdiri, alangkah lebih baiknya di rumah kita berbaring terlentang dengan kaki diganjal satu – dua bantal dalam waktu sekitar 30 menit - satu jam.
• Bagi mereka yg memiliki
riwayat keturunan keluarga penderita varises & bekerja dg banyak tegak atau berdiri, alangkah lebih baiknya tiap hari memakai kaos kaki / stocking khusus unt penderita varises yang banyak dijual di apotek-apotek besar.
• Begitu juga bagi mereka yg bekerja tidak sedikit duduk dan unt lansia yg sudah banyak duduk saja, dianjurkan duduk selonjor sejajar bokong sesering mungkin. Berikan bangku khusus untuk meletakkan kaki supaya dapat selonjor. Pekerja yang duduk terus, alangkah lebih baiknya tiap satu–3 jam sekali tegak atau berdiri dan berjalan di sekitar meja dalam waktu lima menit unt memperlancar peredaran darah. Di antara waktu itu, lakukan juga latihan berjinjit beberapa kali.

demikian pembahasan seputar Cara Ampuh Mencegah, Mengobati, dan Menghilangkan Varises.

baca juga
Cara Mudah dan Ampuh Mengobati Sariawan Sendiri
Obat Diade, Kembung, Mual, Maag Alami - Terbukti

reff: ummi-online.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »