Cara Mudah dan Ampuh Mengobati Sariawan Sendiri

Cara Cepat dan Ampuh Mengobati Sariawan dengan Obat Sendiri - Sariwan biasa dikenal dengan istilah lebih dikenal dengan sebutan (stomatitis aftosa) merupakan suatu kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Sariawan bisa sangat menyakitkan dan dapat mengganggu aktivitas para penderitanya terutama pada saat mengunyah dan menelan makanan.  Nah, pertanyaannya, bagaimana cara mengobati sariawan, terutama dengan bahan-bahan alami? Bisakah kita membuat obat sariawan mulut sendiri?

Baiklah sobat Cara Cantik Sehat. Sebelum jauh mengupas tentang obat sariawan alami alangkah baiknya kita tahu dulu, sebenarnya apa penyebab sariawan itu? Kenapa kok disebut sariawan bukan sari bengi (jawa: malam). Hehe..pertanyaan terakhir itu mah sekadar bercanda aja sob.

Cara Mudah dan Ampuh Mengobati Sariawan Sendiri


cara mengobati sariawan

obat sakit sariawan- Saya akan paparkan penyebab sariawan dulu. Dengan mengetahui ini semoga anda yang sekarang sedang atau sering sariawan, dapat mencegahnya. Tahukah anda, sariawan ternyata bukan sesuatu yang terjadi secara kebetulan, pasti ada hal-hal yang menjadi penyebabnya misalnya:  Sariawan terjadi karena kekurangan nutrisi seperti Vitamin B 12, Vitamin C bisa menyebabkan sariawan dan zat besi.

Memang, bisa juga sih sariawan terjadi karena mulut yang tergigit bisa saja pada saat anda makan ataupun saat anda ngobrol. Atau bisa juga karena anda makan sambil ngobrol. Nah, benar kan kata Ortu kita, kalau makan, nggak boleh sambil ngobrol.

Penyebab lain dari sariawan adalah karena terlalu banyak makan makanan yang panas atau  yang pedas, misalnya makan sambel pedas yang baru digoreng, sudah panas, pedas pula. hehe. Contoh lain, anda bisa cari sendiri ya.

Ada lagi penyebab sariawan yang lain, yaitu karena penggunaan suatu produk kesehatan yang tidak cocok dengan kita, seperti menggunakan pasta gigi yang tidak cocok atau mengkonsumsi suatu obat-obatan yang memang tidak cocok dengan mulut kita.

Lagi, sariawan dapat pula terjadi disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak terjaga, misalnya jarang gosok gigi,jarang minum dsb. Apalagi selalu lupa membersihkan mulut ketika anda hendak akan tidur. Gosok Gigi gitu lho.

Guna tahu lebih jelas tentang apa yang menjadi penyebab sariawan yang anda rasakan saat ini, anda bisa mengingat kembali hal apa saja yang anda lakukan seminggu yang lalu / pada hari-hari sebelumnya. Setelah penyebabnya ketemu, maka kita akan bahas obatnya?

Ayo ingat-ingat? Sudah? Nah, inilah langkah langkah mengobati sariawan dengan mudah dengan bahan alami yang bisa anda buat sendiri.

Sebagaimana di atas, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sariawan terjadi misalnya saja jika penyebab sariawan anda adalah karena terlalu banyak makan makanan yang pedas, maka berhentilah makan makanan tersebut. Jika sariawan disebabkan oleh kekurangan vitamin C, maka cukupilah asupan vitamin C anda misalnya dengan mengonsumsi buah-buahan dsb. Jika penyebab sariawan adalah karena kebersihan mulut yang tidak terjaga, maka rajin-rajinlah untuk membersihkan mulut. begitu, gampang kan? Tapi kan tidak langsung sembuh! Ya, anda bisa mengobatinya.

Mengunakan Obat Parasetamol atau Mefenamat

Yang ini tidak alami dan anda mesti beli obat di apotik. Obat tersebut cocok untuk menghilangkan rasa sakit karena sariawan anda bisa menggunakan obat kumur atau obat yang diminum. Untuk obat yang diminum, anda bisa menggunakan parasetamol atau asam mefenamat. Tapi, ingat, selalu perhatikan dosisnya juga. Mintalah saran dokter atau orang yang ahli dalam bidang pengobatan.

Obati Sariawan dengan Pasta Berbahan Garam dan Baking Soda

Untuk obat herbal sariawan sendiri, anda bisa menggunakan pasta berbahan garam dan baking soda. Caranya, kita hanya perlu mencampurkan garam dengan backing soda dan tambahkan sedikit air. Setelah itu oleskan pada luka sariawan dan tunggu kurang lebih selama 10 menit, setelah itu basuh dengan air.

Air Kelapa untuk Sariawan

ANda percaya, air kelapa dikenal denga pendinginannya sehingga dapat menenangkan sistem pencernaan. Selain baik untuk mengatasi dehidrasi, air kelapa juga baik untuk mengobati sariawan.

Menggunakan Pisang dan Madu

Anda dapat membuat pasta dari pisang dan madu untuk mengobati sariawan. Caranya, anda tinggal haluskan buah pisangnya bisa dengan sendok ataupun diblender. Setelah itu campurkan dengan madu. Selanjuntnya anda oleskan pada ulkus (luka sariawan). Hal tersebut berfungsi untuk mencegah peradangan.

Obat sariawan dari Daun Jambu Biji

Selain mengobati diare, daun jambu biji ternyata juga punya banyak manfaat, yakni bisa pula mengobati sariawan. Caranya kunyahlah beberapa daun jambu biji lalu berkumurlah. Jika anda diare juga, anda bisa telan, pula, tapi yang pupus ya daunnya.

Yogurt

Minum yogurt dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada dimulut dan tubuh. Dengan begitu anda dapat mempercepat proses penyembuhan sariawan anda. Selain itu anda juga telah melakukan langkah pencegahan sariawan.

Bawang Putih dan Pepaya

Anda juga dapat menggunakan bawang ataupun pepaya untuk menyembuhkan sariawan, caranya dengan menempelkan langsung pada bagian luka sariawan.

Vitamin untuk Sariawan

Ada lagi, minum vitamin B, vitamin C, zat besi dan asam folat yang juga berperan dalam mencegah dan menyembuhkan luka sariawan. Ini tujuannya untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin tersebut.

Minyak Kelapa dan Madu

Obat yang lain untuk sariawan adalah minyak kelapa bersifat anti bakteri, anda dapat mencapurnya dengan madu untuk kemudian dioleskan pada bagian luka sariawan. Sebaiknya lakukan langkah ini setiap anda hendak tidur.

Buah-buahan

Tomat, jeruk dan buah-buahan lainnya, manfaatnya yaitu untuk memenuhi kebutuhan vitamin C anda. Penting untuk mengobti dan mencegah sariawan.

Kunyit

Namanya Kunyit. Jenis tanaman obat ini memang tumbuhan super, selain dapat dijadikan rempah-rempah atau bumu masak, kunyit juga sering digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit dibagian lambung atau saluran pencernaan. Selain itu juga kunyit ternyata bisa digunakan untuk menyembuhkan sariawan, caranya buatlah pasta dari kunyit. Langkahnya cukup mudah, cuci bersih kunyit, kemudian haluskan dan campurkan kunyit dengan satu sendok teh gliserin dengan cara ditumbuk atau diblender. Selanjutnya anda oleskan pada bagian luka sariawan.


Harap diperhatikan, tips mengobati sariawan diatas sebagian besar adalah Obat sariawan tradisional. Sedangkan tips tradisional biasanya menggunakan bahan yang alami. Biasanya sesuatu yang alami itu perlu proses. Jadi anda harus sabar ya.

Itulah tadi 11 Cara Cepat dan Ampuh Mengobati Sariawan dengan Obat Sendiri. Mudah-mudahan dapat menjadi solusi bagi anda saat anda mengalami sariawan. Mohon maaf jika masih banyak terdapat kekurangan dalam hal penyampaian info diatas.

Baca juga, Obat Diade, Kembung, Mual, Maag Alami - Terbukti , juga Cara Sehat Puasa bagi Orang Sakit Maag . Terimakasih. Semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »