Susu Kedelai: Manfaat, Gizi, dan Cara Membuatnya


cara pembuatan susu kedelai
Cara Membuat Susu Kedelai
Manfaat Susu Kedelai - Di dunia ini terdapat lebih dari 12 ribu jenis kacang-kacangan, di antaranya adalah kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kapri, kacang koro dan terakhir adalah kacang kedelai. Di antara jenis kacang-kacangan tersebut, kedelai adalah jenis kacang yang paling populer. Protein merupakan komponen utama kedelai kering. Di dalam kedelai utuh mengandung 35-40 persen protein, paling tinggi dari segala jenis kacang-kacangan. Kedelai adalah kacang yang paling tinggi mutu proteinnya, yaitu hmpir setara dengan daging. Protein kedelai merupakan satu-satunya dri jenis kacang yang mempunyai susunan asam amino esensial paling lengkap.

Selain protein kedelai juga merupakan sumber minyak yang paling tinggi ekonominya. Kadar lemak kedelai sekitar 18 persen dan mengandung asam lemak jenih esensial yaitu linoleat dan linolenat, yang sangat dibutuhkn tubuh untuk hidup sehat. Vitamin yang paling dominan dalam kacang kedelai adalah vitamin A, D, E, K, dan Vitamin B. mineral yang paling banyak dijumpai adalah kalsium, fosfor, besi, natrium dan kalium.

Ada banyak produk olahan dari kadang kecelai. Selain tempe yang pernah diposting di blog ini dengan judul Jenis-jenis Tempe serta Kandungan Gizi dan Vitaminnya. Kedelai juga bisa diolah menjadi susu.

Bagaimana proses pembuatan susu kedelai? Dan Nilai gizi apa saja yang terdapat pada susu kedelai? Tentang nilai gizi sudah anda temukan jawabannya (meski mungkin kurang lengkap). Nah, sekarang tinggal bagaimana proses pembuatan susu kedelai dengan cara yang sederhana. Cara pembuatan susu kedelai yang ada di sini bersumber dari buku Tetap Sehat dengan Produk Makanan Olahan karya Made Astawan ini.

Cara Membuat Susu Kedelai

Pembuatan Susu Kedelai - Dibanding dengan pembuatan tempe dan tahu, pembuatan susu kedelai sebenarnya bisa dikatakan lebih mudah. Susu kedelai dapat dibuat dengan teknologi dan eralatan yang sangat sedehana dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Oleh karena itu, produk susu kedelai dapat dibuat dalam skala rumah tangga untukkebutuhan sendiri. Secara ringkas, cara pembuatan susu kedelai adalah sebagai berikut.
proses pembuatan susu kedelai
  1. Cuci kedelai hingga bersih dari berbagai macam kotoran kemudian rendam dalam air selama satu jam. 
  2. Selanjutnya. Kedelai direbus dalam air mendidih yang telah ditambah dengan natrium bikarbonat 0,05%.
  3. Selanjutnya perebusan dilakukan sampai kedelai lunak (sekitar 15 menit)
  4. Kedelai didinginkan, dikpas kulitnya, digiling dengan blender dan dicampur dengan air panas (perbandingan kedelai dengan air adalam 1:8) sampai terbentuk hancuran kedelai menyerupai bubur halus. 
  5. Hasil tersebut dalam nomor empat kemudian disaring. Jumlah air yang ditambahkan akan berpengaruh terhadap kadar protein kedelai para hasil akhir. 
  6. Susu yang diperoleh kemudian ditambah dengan gula. Jumlah gula yang ditambahkan biasanya sekitar 5-7% dari berat susu sehingga dapt meningkatkan nilai energi dan memberi rasa agak manis. 
  7. Untuk lebih menarik selera anak-anak penambahan gula dapat ditingkatkan hingga 10% agar terasa lebih manis. Selain gula dapat juga ditambahkan pembangkit rasa (seperti vanila, cokelat, dan daun pandan) untuk menutupi bau langu susu kedelai. 
  8. Susu tersebut selanjutnya disterilisasi (dipanaskan) selama 15 menit sambil diaduk terus-menerus suyapa tidak gosong dan mencegah warna menjadi kecokelatan. 
  9. Dalam keadaan panas susu kedelai ini langsung dibotolkan, dikalengkan atau dimasukkan ke dalam kotak-ktak steril dari karton. Susu kedeai langsung dapat diminum seperti susu segar, di simpan di kulkas, dibuat soygurt. 
  10. Cara pembuatan soygurt dari susu kedelai hampir sama dengan membuatan yoghur dari susu sapi, tetapi tidambahkan susu krm untuk meningkatkan kekentalan, aroma, keasaman, protein dan mengurangi bau langu. 
Demikian cara pembuatan susu kedelai yang pastinya dapat anda lakukan dengan mudah di rumah. Ohya, susu kedelai baik untuk diet atau menurunkan berat badan. Tetapi Susu Kedelai untuk Ibu Hamil tidak dianjurkan. Kenapa? Karena, menurut beberapa sumber, susu kedelai dikhawatirkan akan menggangu kesehatan janin dalam kandungan, bahkan bisa sampai mengakibatkan keguguran. Sebenarnya tidak sepenuhnya dilarang, tetapi khusus bagi ibu hamil sebaiknya batasi minum susu kedelai pada awal-awal kehamilan. Tapi susu kedelai bagi ibu hamil, sobat bisa cari informasi lebih lanjut atau tanyakan kepada dokter. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »