Jenis dan Manfaat Sayuran dan Buah-buahan Dibahas Lengkap

Manfaat Sayuran dan Buah-buahan - Indonesia adalah Negara tropis yang sangat kaya akan sayuran dan buah-buahan. Namun begitu, patut untuk disayangkan bahwa konsumsi sayuran dan buah-buahan pada masyarakat kita masih relatif rendah dibanding dengan nagara-negara yang tidak memilii sumber daya sebagai penghasil sayuran dan buah-buahan.

Tapi harus kita sadari, sebagaimana di tulis oleh Made Astawan dalam bukunya Sehat Bersama Aneka Serat Alami, bahwa sejak dibuaknya peluang impor, khazanah sayuran dan buah-buahan di dalam negeri disemarakkan oleh sayuran dan buah-buahan subtropics disamping sayuran dan buah tropis. Sekarang kita punya banyak pilihan buah dan sayur untuk kita nikmati. Yang jelas, sayuran dan buah-buahan mengandung komponen gizi dan non gizi yang sangat besar peranannya bagi kesehatan, termasuk juga untuk diet. - Jenis Sayuran Untuk Diet

Tahukah anda bahwa makanan yang beraneka ragam dan bermutu gizi seimbang itu terdiri dari tiga kelompok makanan utama, yatu sumber zat tenaga (padi-padian, umbi-umbian, dan tepung-tepungan), sumber zat pembangun (kacang-kacangan, makanan hewani, dan hasil olahannya), dan sumber zat pengatur (sayur dan buah-buahan). 






Back to nature

Ini adalah prinsip yang dewasa ini meningkat. Sebuah gaya gidup yang sedapat mungkin memanfaatkan bahan-bahan sear alami dalam menu sehari-hari. Memang, ini sudah dimulai oleh beberapa kuelarga dengan kampanye “tiada hari tana sayuran dan buah-buahan” alam menu keluarganya. Dengan cara inilah diharap target sumbangan energy dari sayuran dan buah-buahan sebesar 5% dari total konsumsi energy akan dapat tercapai. Siap?

Pengertian dan Jenis Sayuran

Apa itu sayuran? Apakah semua jenis tumbuhan termasuk sayuran? Menurut Made Astawan sayuran adalah bagian dari tanaman yang umum di makan untuk memenuhi kebutuhan gizi seseorang. Berdasarkan definisi tersebut sayuran dapat dibedakan dalam beberapa kategori, yaitu sayuran daun seperti kangkung, katuk, sawi, bayam dan selada air); sayuran bunga (berupa kembang turi, brokoli dan kembang kol); dan sayuran buah berupa terong, cabe, paprika, labu, ketimbun, tomat dan sebagainya. Sayuran biji muda seperti kapri muda, jagung muda, kacang muda, buncis dan semi /baby corn). Kemudian ada pula sayuran batang muda seperti asparagus, rebung, dan jamur. Ada juga sayuran akar seperti bit, lobak, wortel dan radis, dan terakhir adalah sayuran umbi berupa kentang, bawang Bombay, dan bawang merah. Jadi sayuran bukan hanya daun-daunan ya. Baru tahu kan?

jenis sayuran untuk dietJenis Sayuran menurut warnanya

Menurut warnanya sayuran dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain sayuran hijau tua seperti bayam, kangkung, katuk, kelor, daun singkong, dan dan papaya. Sayuran hijau muda seperti selada dan seledri. Sayuran yang hamper tidak berwarna seperti kol dan sawi putih.

Warna hijau dalam sayuran tersebut disebabkan oleh pigmen hijau yang disebut klorofil. Ini pelajaran kelas 3 SD kalau tidak salah. Sayuran daun yang berwarna hijau tua lebih banyak mengandung klorofil b. di dalam kloroplas juga terdapat pigmen lain, yaitu karotena. Semakin hijau tua warna daun, maka kandungan karotenanya semakin tinggi.

Sayuran Manfaatnya untuk Kesehatan 

Sayuran menandung karotena dan vitamin C yang berperan penting sebagi antioksidan dan mengatasi radikal bebas. Sayuran juga mengandung serat pangat yang tinggi untuk mencegah sembelit, diabets melitus, kanker kolon dan tekanan darah tinggi. dan masih banyak lagi manfaat dari sayuran.

manfaat buah

Buah-buahan

ndonesia dijulugi sebagai tropical druit paradise karena punya banyak jenis buah-buahan tropis. Kebijakan pengembangan buah-buahan di Indonesia dilakukan berdasarkan pertimbangan nilai ekonimis keunggulan kompartatif, kesesuaian, agroklimat, agribisnis, dan argoindustri.

Prioritas Pengembangan Buah


Sekarang, prioritas pengembangan buah-buahan dibedakan menjadi dua bagian, yaitu prioritas nasional dan daerah. Prioritas nasional meliputi buah jeruk, mangga, rambutan, durian, dan pisang. Sedangkan prioritas daerah meliputi buah manggis, duku, leci, lengkeng, salah danmarkisa.

Jenis buah-buahan dan Manfaatnya

Berdasarkan ketersediaannya di pasaran, buah-buahan dapat dibedakan atas buah-buahan yang bersifat musiman, seperti durian, mangga, rambutan dan buah-buahan tidak musiman seperti pisang, nanas, alpukat, papaya, semangka. Adanya buah0buahan impor turut memperpanjang ketersediaan buah di dalam egeri sehingga konsumsinya dapat terus dilakukan.  

Manfaat Buah-buahan

buah-buahan mengandung banyak sekali manfaat. Belimbing, durian, jeruk, jambu, manga, melon, pepaya, rambutan, sawo, sirsak, adalah buah-bauhaan yang mengandung vitamin C yang relatif tinggi dibanding buah-bauhan lain. Jambu hiji merah, jeruk garut, mangga matang, pisang raja, dan nangka mengandung provitamin A yang sangat tinggi. 

Di dalam tubuh provitamin A akan diubah menjadi vitamin A yang sangat berguna dalam proses penglihatan, reporduksi (termasuk bermanfaat untuk ibu hamil), dan proses metabolisme lainnya. 

Bersama-sama dengan vitamin C dan vitamin E, vitamin A juga berperan sebagai antioksidan untuk memerangi radikal bebas, penyebab kerusakan sel, dan proses penuaan dini. juga dapat menurutnkan risiko terkena berbagai penyakit degeneratif (jantung, diabetes melitus, hipertensi dan kanker, dan yang utama buah-buahan berperan para kencantikan karena dapat menghaluskan kulit.

Yuk, ambil buah yang ada di depan anda dan nikmati kesegaran dan rasanya.

Itulah tadi definisi dan jenis sayuranan dan buah-buahan. Dengan mengetahui definisi dan pengelompokan tersebut mungkin dapat membuat kita semakin cinta dengan buah-buahan. Khusunya produk lolak.

baca juga: 
referensi utama: Made Astawan dalam buku Sehat Bersama Aneka Serat dan Pangan Alami, Penerbit Tiga Serangkai Solo, 2004

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »