Khasiat, Gizi, dan Cara Mudah Membuat Tauge

Bagaimana cara membua tauge, itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini. Tapi sebelumnya, Sobat Cara Cantik Sehat perlu anda ketahu bebera hal terkait dengan tauge. Tauge itu kan sumbernya dari kacang-kacangan. Kacang-kacangan sebagai bahan pangan sumber energi dan protein sudah banyak dimanfaatkan oleh penduduk asia, Afrika, dan Amerika LAtin. Kacang-kacangan termasuk dalam elas Leguminosae, yaitu tanaman dikotile-don yang memiliki dua keping biji yang kaya akan zat gizi sebagai caangan makanan bagi emrio selama germinasi (proses perkecambahan). Sayangnya masryarakat luas masih menganggap bahwa kacang-kacangan adalah daging bagi kaum miskin, padahal sesungguhnya kacang-kacangan adalah sumber protein yang sangat berharga.

Di samping mengandung senyawa yang berguna, ternyata kacang-kacangan juga mengandung senayawa antigizi. Beberpaa senyawa antigizi terpenting yang trdapat dalam kacangkacangan adalah antitripsin, hemuglutinin atau lektin, oligasakarida, dan asam fitat. Wah, banyak banget ya gizi kacang-kacangan.
Cara Mudah Membuat Tauge

Khasiat Tauge dan Cara Mudah Membuatnya

Salah satu upaya menginaktifkan zat-zat antigizi tersebut adalah dengan mengolah kacang-kacangan mejadi kecambah. Di antara kelompok kacang-kacangan, kacang hijau dan kacang kedelailah yang paling banyak diolah menjadi kecambah.

Proses Perkecambahan

Perkecambahan merupakan proses keluarnya bakal tanaman (tunas) dari lemabaga yang disertai dengan terjadinya mobilisasi cadangan makanan dari jaringan penyimpanan atau keping biji ke bagian vegetatif, sumber pertumbuhan embiro atau lembaha). Selama proses perkecambahan, abahan makanan cadangan diubah menjadi bentuk yang daat digunakan untuk tumbuhan maupun manusia.

Inilah cara membuat tauge.
Cara pembuatan kecambah/tauge yang digunakan sebagai sayur adalah sebagai berikut:

1) kacang-kacangan direndam air selama satu malam kemudian ditebarkan pada tempat yang mempunyai lubang-ubang dan diberi daun/kain/kertas merang sebagai substrat untuk menjaga kelembaban agar kacang-kacangan tidak busuk.

khasiat tauge

2) etiap kacang tersebut disiram dengan air sebanyak 4-5 kali.
langkah-langkah membua tauge


3) setelah 3-5 hari akan keluar tunas sepanjang 5-7 cm. tunas inilah yang disebut tauge atau kecambah.

Germnasi meningkatkan daya crna karena perkecambahan merupakan proses katabolis. Proses ini menyediakan zat gizi yang penting untuk pertumbuhan tanaman melalui reaksi hidrolis dari zat gizi cadangan yang terrdapat di dalam biji. Melalui germinasi, nilai daya cerna kacang-kacangan akan meningkat sehingga waktu pemasakan atau pengolahan menjadi lebih singkat. (Baca juga: Rahasia Mengatasi Kutu Rambut Sendiri dengan Alami dan Tidak Alami)

Khasiat dan nilai gizi tauge

Hingga saat ini tauge dipercaya sebagai bahan pangan untuk meningkatkan kesuburan (antimandul). Kepercayaan tersebut timbul mungkin berkaitan dengan kenyataan bahwa tauge adalah sumber vitamin E yang cukup potensial. Vitamin E merupakan antioksidan yang da[at melindungi sel dari serangan radikal bebas. Dengan mengonsumsi tauge yang kaya vitamin E, kemungkinan vitamin E tersebut akan melindungi sesl-sel telur atau spermatozoa dari berbagai kerusakan akbat serangan radikal bebas. Jadi, mitos tauge dapat meningkatkan kesuburan perempuan ternyata benar.

Serangan radikal bebas pada sel spermatozoa dapat menyebabkan sel tersebut cacat, misalnya terjadi abnormalitas pada bagian ekor atau kepala. Kelainan pada ekor dan kepala sel spermatozoa tentu akan mempengaruhi motilitas (daya gerak) spermatozoa tersebut dalam mencapai dan membuahi sel telur sehingga mempersulit terjadnya proses kehamilan. Demikian pula serangan radikal bebas pada sel telur wanita juga akan berdampak pada kerusakan ovum sehingga proses pembuahan tidak dapat berlangsung dengan baik. (baca juga: Ingin ASI Lancar, Inilah Tips yang Harus Dijalani Selagi Hamil)

Selain itu, kecambah kedelai mempunya khasiat menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Kemampuan tersebut terkait dengan adanya berbagai peptida pada kecambah yang memiliki sifat sebagai penghambat kerja angiotensin.

Demikian yang bisa saya bagikan. Tulisan tentang Khasiat tauge, Gizi tauge, dan Cara Mudah Membuat Tauge ini bersumber dari Sumber: Buku Sehat Bersama Aneka Serat Pangan Alami karya Made Astawan. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »