Rahasia Mengatasi Kutu Rambut Sendiri dengan Alami dan Tidak Alami

Siapa yang suka dengan adanya kutu di rambutnya? Tidak ada. Kutu rambut atau orang jawa menyebutnya tuma, sangat mengganggu, bahkan tidak jarang yang mengatakan menjijikan. Memang kadang kita sudah berusaha hidup bersih untuk menghindari kutu rambut, tapi toh ada saja penyebab munculkan kutu rambut di kepala kita yang lain. Ini sangat menyebalkan bukan? Selain gatal, kutu rambut juga bisa menular pada orang-orang terdekat, terutama pasangan atau anak anda. Maka, yuk kita cari tahu bagaimana mengatasi dan menghilangkan kutu rambut.

cara alami menghilangkan kutu rambut
Anda tahu, kutu rambut adalah hewan yang makannya darah (penghisap darah). Perkembangbiakan kutu rambut sangat cepat dan tidak pernah kita duga. Jika tidak cepat diatasi atau dibasmi maka kutu rambut akan semakin banyak dan sangat merisaukan.

Berikut beberapa cara alami dan mudah untuk menghilangkan dan membasmi kutu kepala.

Gunakan Bawang Merah Bawang Merah

obat alami kutu rambut bawang merah
Bawang merah mudah didapatkan. Dan tahukah anda bahwa bawang merah yang sering kita gunakan untuk bumbu masak ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat kutu rambut. Aroma bawang merah sangat khas, dan ini tidak disukai oleh kutu rambut. 

Lalu bagaimana cara menggunakan bawang untuk membasmi kutu rambut? Gampang, Cara Cantik Sehat akan berbagi untuk anda. Begini caranya:


Mula-mula anda siapkan beberapa bawang merah (5-6 siung). Kemudian tumbuh sampai halus. Setelah itu, anda tinggal oleskan pada pangkal rambut atau kulit kepala sampai ujung rambut anda. Jangan langsung dibilas dengan air. Sementara bawang bekerja anda bisa memijat-mijat kepala anda agar khasiatnya cepat bekerja.

Anda bisa bayangkan apa yang dikatakan oleh para kutu rambut: “Ya TUhan, ini aroma apa. Aku tidak kuat. Aku ingin pergi dari sini.”

Ya, aroma bawang sangat tidak enak bagi kutu rambut. Dan rambut anda juga otomatis akan kena baunya. Tapi tidak apa-apa, cukup bilas dengan shampo hilanglah bau bawang, dan kutu rambut anda pun insyaAllah musnah.

Senjata Minyak Kelapa
obat kutu rambut alami
Minyak kelapa yang biasa kita gunakan untuk menggoreng juga bisa dimanfaatkan untuk memasmi kutu rambut. Konon, menurut sejumlah sumber, minyak kelapa dapat membuat kutu rambut tidak doyan makan atau kesulitan mengisap darah di kepala kita. Lalu perlahan ia akan mampus.

Cara penggunaan minyak kepala untuk membasmi kutu rambut adalah cukup dengan mengoleskannya di rambut, dari panggal sampai ujung, seperti ketika anda menggunaka minyak rambut. Baiknya gunakan ini di malam hari agar anda tetap bisa bekerja di siang harinya. Karena cara kerja minyak kelapa tidak langsung, melainkan secara perlahan, maka saran bagi anda adalah, bersabar. Gunakan minyak kelapa selama seminggu berturut-turut untuk membasmi si kutu, lalu lihat hasilnya. Jangan lupa, setelah anda mengoleskan minyak kelapa, tutup kepala anda dengan plastik yang biasa digunakan untuk topi mandi, diamkan sekitar 5-6 jam (sampai anda ngantuk) kemudian bilas dengan shampo. Semoga bisa berhasil.

Senjata Cuka Putih

cuka untuk membasi kutu Selain bawang dan minyak kelapa, cara alami lain untuk menghilagkan kutu rambut adalah cuka putih. Cara kerja cuka putih berbeda dengan bawang dan minyak kelapa. Cuka putih ampuh untuk menghilangkan atau mematikan telur-telur si kutu yang mungkin masih tersisa di kepala anda (meskipun tidak ada lagi kutu terlihat).
Cara menggunakan cuka putih untuk menghilangkan kutu rambut gampang banget. Anda tinggal beli cuka putih, lalu oleskan dari ujung sampai dasar rambut kepala anda. Diamkan sekitar 2 jam, lalu bilas sampai benar-benar bersih menggunakan shampo.
Tidak cukup sekali terus anda tidak melakukannya. Agar anda semakin mantap, maka gunakanlah cara ini minimal 3 kali dan lihat hasilnya. Kutu-kutu rambut sudah mati, tidak ada telurnya lagi, bebaslah kita dari rasa gatal.

Senjata Sisir Kutu Rambut

sisir untuk mengusir kutu rambut Kalau yang ini, anda tidak asing lagi. Meski tidak setiap rumah punya dan agak susah nyari sisir kutu rambut ini, tapi kita tahu bahwa dengan alat ini kita dapat menurunkan kutu rambut dari kepala kita. Akibat negatif dari penggunaan sisir ini, bagi yang rambutnya panjang dan sulit disisir adalah terjadinya kerontokan rambut yang banyak. Bagi pria atau wanita yang rambutnya pendek dan gampang di atur, alat ini memang sangat cocok untuk sementara membutuh beberapa kutu rambut. Cara agar rambut anda tidak rontoh saat menggunakan alat ini adalah gunakanlah minyak kepala untuk mudah menyisirnya. Meski demikian, telur dan sisa-sia kutu yang kecil tidak dapat dibasmi dengan alat ini.

Kalau tiga hal di atas adalah cara alami, maka anda bisa pula menggunakan cara yang tidak alami. Apakah yang tidak alami terus kemudian berarti tidak sehat dan berbahaya? Itu sih belum tentu. Kalau cara tidak alami berbahaya, ya sebaiknya jangan gunakan. Tapi kalau berbahaya dan bahaya itu sedikit (misal hanya membuat bau) anda tetap bisa memanfaatkannya kan.

Cara Alami yang lain: Panggil Tukang Cukur
bebas kutu rambut
Namanya saja kutu rambut, kutu yang hidup di rambut. Nah, apabila kepala seseorang botak atau plontos alias gundul, apakah kutu rambut masih mau hidup di sana. Telur-telurnya mungkin bisa masih sisa dan kita mudah kok membersihkannya, tapi yang jelas, kutu rambut pasti pada kabur.
Ini mungkin bisa anda praktekkan jika semua cara yang anda tempuh sudah tidak bisa mengatasi kutu rambut anda. Pergi ke salon, atau panggil tukang cukup, lalu katakan: Gundul. hehehee… Maaf, ini sekadar bercanda.

Berikut beberapa Cara membasi kutu rambut yang lain

Memakai Kapur Pembasmi Semut
obat pembasmi kutu rambut Orang sering menyebutnya dengan kapur ajaib. Kapur ini mengandung pestisida dengan kadar rendah. Biasa digunakan untuk membasmi semut dan kecoa. Selain semut dan kecoa, kutu rambut juga merinding dan gentar jika kita memberikannya di kepala. Kapur ajaib akan bekerja mematikan kutu rambut sebagaimana mematikan para semut yang kadang tidak tahu diri.

Obat Kutu Rambut

Kalau anda bingung, anda bisa tanya ke penjaga apotik untuk memberikan anda obat kutu rambut. Saya sih dulu pakainya obat pedithok. baunya tidak enak, saya kurang tahu obat itu membuatnya dengan bahan apa.

Tapi dengan menggunakan obat kutu rambut, benar, kutu-kutu di rambut kita sekarat. Ketika menyisir rambut, saya lihat kutu-kutu berjatuhan di lantai, sudah mati.

obat kutu rambut

sungguh, saya tidak sedang bermaksud promosi. saya tidak tahu obat pembasi kutu yang lain selain itu.

Tips Agar Kutu Rambut Tidak Datang Lagi


tradisi petan kutu rambut
Gambar tradisi petan (mencari kutu) sekeluarga.

1. Sebaiknya pengobatan kutu rambut dilakukan secara serendak sekeluarga. Agar semua anggota keluarga tidak ada lagi yang menularkan kutu kepada anggota yang lain.
2. Jagalah kebersihan keluarga anda, terutama kebersihan rambut.
3. Jika di kemudian hari ada keluarga anda yang mengeluhkan rambutnya gatal, segera periksa, apakah ada kutu rambutnya. Jika iya, maka jangan tunggu lama, segera obati sampai hilang.

Itulah tadi beberapa cara alami dan tidak alami untuk menghilangkan kutu rambut. Semoga dapat membantu anda dan orang-orang yang anda cintai.

Baca juga: Khasiat Daun dan Buah Sirsak untuk Pengobatan Alami, juga Cara Menggunakan Alpukat untuk Perawatan Kecantikan Kulit. Semoga manfaat. Salam cantik Sehat.



































Share this

Related Posts

Previous
Next Post »