Khasiat Daun dan Buah Sirsak untuk Pengobatan Alami

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan – Alam memang diciptakan untuk manusia. Di alam kita menemukan banyak sekali obat bagi penyakit-penyakit yang diderita oleh manusia. Salah satunya adalah daun sirsak. Daun sirsak sangat menjadi obat herbal terkenal karena selain dipercaya ampuh mengobati berbagai macam penyakit, juga cara mendapatkan daun ini sangat mudah.

Ingin tahu apa saja manfaat dari daun sirsak termasuk rebusan daun sirsak itu sendiri? Apa saja kegunaan daun sirsak sebagai obat tradisional? Dan bagaimana cara membuat obat herbal dari daun sirsak. Artikel ini mengupas secara lengkap hal-hal tersebut, terutama yang berkaitan dengan khasiat daun sirsak.
Ingin tahu apa saja mandaat dari daun sirsak termasuk rebusan daun sirsak itu sendiri? Apa saja kegunaan daun sirsak sebagai obat tradisional? Dan bagaimana cara membuat obat herbal dari daun sirsak. Artikel ini mengupas secara lengkap hal-hal tersebut, terutama yang berkaitan dengan khasiat daun sirsak.


Sebagaimana disebutkan dalam situs terkenal wikipedia, buah sirsak memiliki berbagai berbagai kandungan positif untuk kesehatan manusia. Apa saja itu? Tidak hanya daunnya, tetapi juga buah, bahkan daunnya. Buah sirsak memiliki kandungan vitamin C, serat, juga nutrisi penting yang lain. Maka kita patut bersyukur hidup di negeri tropis yang cocok buah pohon sirsak untuk tumbuh. 

Apa manfaat buah dan daun sirsak, ini dia pembahsan lengkapnya

Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Kenapa sirsak begini ampuh untuk mengobati berbagai macam penyakit? Karena di dalam daun dan buah sirsat terkandung berbagai macam zat ajaib seperti annocatalin, annohexocin, annonacin,annomuricin, dan banyak lagi. Zat atau senyawa tersebut memiliki banfaat yang banyak bagi tubuh, salah satunya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Macam-macam penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun sirsak.Berikut adalah beberapa penyakit yang dipercaya oleh masyarakat bisa disembuhkan dengan daun sirsak (air sebusannya), yaitu:

Kanker

Sebagaimana disebutkan wikipedia, daun sirsak 10.000 kali lebih hebat dari kemampuan kemoterapi dalam mengobati penyakit kanker.Ini tidaklah omong kosong, melainkan merupakan hasil dari beberapa penelitian. Di antaranya adalah penelitian yang dilakukan National Cancer Institute yang hasilnya menyatakan bahwa daun dan batang sirsak sangat efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker di dalam tubuh. Tidak hanya itu, Korea dan beberap penelitian lainnya, yang juga sudah meneliti dan mengahsilkan kesimpulan yang nyaris sama. Bahwa daun sirsak memiliki manfaat untuk membunuh sel-sel ganas berbagai macam jenis kanker

Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun sirsak juga memiliki khasiat untuk menambah stamina dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh kita kuat, maka insyaAllah juga akan terhindari dari berbagai infeksi yang mematikan.

Daun Sirsak untuk mencegah radikal bebas

Selain sebagai obat kanker, dan meningkatkan daya imun, daun sirsak juga mampu untuk menangkal radikal bebas.

Sebagai Obat Tradisional Asam Urat

Asam uram memang banyak dialami oleh manusia medern dewasa ini. Sebenarnya ada banyak obat asam urat. Anda bisa baca: Penyebab, Pantangan, Gejala, dan Obat Asm Urat. Nah, salah satu obat tradisional asam urat adalah daun sirsak.

Bagaimana cara meramu daun sirsat untuk obat asam urat:
  • Petiklah daun sirsak yang sudah lumayan tua yang daunnya masih hijau 6 -10 lembar
  • Cuci daun tersebut sampai bersih. 
  • Potong-potonglah daun tersebut
  • Lalu rebuslah daun sirsak menggunakan air 2 gelas
  • Biarkan air mendidih hingga kira-kira menyisakan air 1 gelas saja 
  • Cara meminumnya adalah sehari dua kali yaitu pagi dan malam.
Daun Sirsak untuk Sakit Pinggang dan Reumatik

Ya, sakit pinggang biasa dialami siapa saja terutama orang lanjut usia. Kalau harus mengonsumsi obat kimia, rawan efek sampingnya, termasuk juga reumatik. Mungkin bisa dicoba daun sirsak untuk mengobat.

Cara membuatnya ramuan sirsak untuk sakit pinggang
  1. Petiklah 20 lembar daun sirsak 
  2. Rebus daun tersebut dengan air 5 gelas
  3. Rebus hingga mendidih hingga tersisa 3 gelas saja
  4. Jangan lupa untuk rutin minum ¾ gelas ramuan ini 1 kali sehari. Jika sakit masih berlanjut hubungi dokter. 
Ramuan sirsak untuk reumatik

  1. Petiklah beberapa daun sirsak
  2. Lalu tumbuk sampai halus dan tempelkan pada bagian tubuh yang dirasa ngilu atau terkena reumatik 
  3. Gunakan secara teratur 1 hari dua kali, semoga rematik anda cepat sembuh.

Mengobati bisul dengan sirsak 

Bisul? Aduh, sakit benar rasanya. Coba diobati dengan daun sirsak. Cara membuatnya, anda tinggal gunakan beberapa daun sirsak yang masih muda, lalu tempelkan pada bisul.

Daun sirsak untuk sakit radang

Beberapa orang juga percaya bahwa daun sirsak dapat menyembuhkan sakit radang, seperti radang tenggorokan, ambien, diabetes, bahkan sakit usus. Tapi saya tidak tahu resep ramuannya.

Khasiat Buah Sirsak Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit


Kalau tadi soal manfaat daun sirsak, sekarang manfaat buah sirsak sendiri. Apa saja?

Untuk Obat diare bayi. Cara membuatnya, gunakan sirsak yang sudah masak, lalu peras untuk diambil airnya. Jangan lupa disaring ya. Minumkan pada bayi 2-3 sendok makan sehari.

Buah Sirsak juga bisa untuk obat ambeien. Cara menggunakannya, cari sirsak yang sudah masak (bukan busuk), ambil airnya satu gelas saja, lalu minum 2 kali dalam sehari, sore dan pagi

Mengobati anyak-anyangen (sedikit-sedikit kencing). Sering kecing atau disebut anyang-anyangen dapat diatasi dengan buah sirsak. Caranya, sirsak setengah matang dikupas, kemudian direbus dengan campuran gula pasir dengan air 2 gelas, lalu disaring dan diminum airnya. Hati-hati untuk penderita diabetes tidak disarankan. 

Itulah tadi pembahasan tentang daun sirsak dan manfaatnya. Juga buah sirsak dan khasiatnya. untuk kesehatan. Tidak hanya itu sebenarnya. Daun sirsak, kini juga mulai dimanfaatkan untuk pestisida alami. Wah, luar biasa. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »