Cara Menggunakan Alpukat untuk Perawatan Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

Cara Cantik Alami- Banyaknya kosmetik yang bermunculan di pasaran dengan pilihan merek, jenis, dan harga yang bermacam-macam terkadang membuat kaum perempuan kebingungan dalam menentukan jenis produk kosmetik yang cocok bagi mereka. Untuk itu, hal yang penting bagi mereka adalah untuk lebih dulu mengenali jenis kulit, rambut, ataupun kebutuhan kecantikan yang ingin mereka dapatkan. Misalnya, memiliki kulit wajah yang sensitif harus lebih berhati-hati dan pintar dalam memilih produk kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Salah‑salah bukannya mempercantik, malah membuat kulit wajah merah-merah akibat iritasi. Masker misalnya, salah memilih jenis masker yang cocok bisa membuat wajah terasa panas, gatal-gatal, dan tampak kemerahan.

Selain berhati-hati dalam memilih jenis kosmetik yang akan digunakan, waspadai juga kandungan di dalamnya. Berbagai bahan kimia sintetis yang ditambahkan dalam suatu jenis kosmetik, sering kali menjadi penyebab utama iritasi pada kulit wajah. Apalagi, bagi mereka yang memiliki kulit super sensitif.
Setiap orang pasti memiliki kecocokan dengan jenis kosmetik tertentu dan berbeda dengan orang lain. Untuk itu, usahakan untuk tidak berganti-ganti kosmetik bila telah merasa cocok dengan satu jenis. Jangan tergiur untuk mencoba jenis lain hanya karma harganya lebih murah atau sekadar mengikuti tren. - Manfaat Alpukat

Cara Menggunakan Alpukat untuk Perawatan Kecantikan Kulit Wajah dan Rambut

perawatan kecantikan dengan alpukat
Masalah lainnya adalah mahalnya harga kosmetik, termasuk masker dan obat-obat perawatan kecantikan.

Lalu, bagaimana agar dapat tampil cantik tanpa harus membeli kosmetik yang harganya mahal? Sederhana saja. Nenek moyang kita dahulu belum mengenal produk kosmetik dalam kemasan. Mereka merawat kecantikan tubuh mereka, seperti kecantikan kulit, rambut, dan kuku mereka dengan ramuan-ramuan alami dari buah-buahan atau daun-daunan (sayuran).

Terapi kecantikan dengan memanfaatkan bahan‑bahan alami di sekitar kita, seperti buah-buahan dan sayuran dipercaya dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Khusus untuk perawatan kecantikan dengan buah-buahan dan sayuran, sebenarnya dapat dilakukan dengan dua langkah, yaitu perawatan dari dalam maupun dari luar.

Perawatan dari dalam dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi buah-buahan dan sayuran secara Iangsung. Sedangkan, perawatan dari luar, dapat dilakukan dengan memanfaatkan masker, lulur, bedak dingin, dan ramuan lainnya yang bahan utamanya terbuat dari buah dan sayur. Berikut ini beberapa tips perawatan kecantikan peninggalan nenek moyang kita yang masih sering ditiru sampai sekarang.
Buah-buahan adalah salah satu bahan pangan yang mudah diolah dan dimakan serta mempunyai rasa atau aroma yang menggiurkan. Namun, selain untuk bahan pangan, buah juga dapat digunakan sebagai bahan dasar dalam merawat kecantikan.

Mengapa demikian? Karena buah penuh dengan vitamin, mineral, dan antioksidan. Berikut ini beberapa cara merawat kecantikan dengan menggunakan bahan alami khususnya buah-buahan.

Khasiat Alpukat untuk Kecantikan

Alpukat (Persea americana) adalah buah yang kaya akan asam amino dan vitamin sehingga cocok digunakan sebagai masker pencegah penuaan dini pada kulit wajah. Alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan Lengan serta untuk memperindah rambut.

Pencegah Penuaan Rini pada Wajah (Masker)

Salah satu cara mencegah penuaan dini pada wajah yaitu dengan menggunakan masker. Masker bisa terbuat dari berbagal jenis buah, seperti buah alpukat. Berikut ini cara membuat masker alpukat.
Untuk jenis kulit wajah kering
1) Hancurkan daging alpukat matang dengan garpu.
2) Oleskan pada wajah.
3) Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat atau air mawar dengan menggunakan kapas.
Untuk jenis kulit normal
1) Hancurkan daging alpukat matang dengan garpu.
2) Tambahkan putih telur yang dikocok sebentar.
3) Oleskan pada wajah.
4) Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat atau air mawar.
Untuk jenis kulit lembab
1) Hancurkan daging alpukat matang dengan garpu.
2) Tambahkan putih telur yang dikocok sebentar dare madu (organik bila ada), kemudian aduk rata.
3) Oleskan pada wajah.
4) Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat atau air mawar.

Perawatan Tangan dengan Alpukat

Untuk merawat kehalusan tangan, dapat pula digunakan buah alpukat sebagai bahan dasarnya. Cara membuatnya, sebagai berikut.
1) Haluskan 1/2 alpukat di mangkuk kecil.
2) Campurkan dengan 1. sdt minyak zaitun.
3) Oleskan campuran tersebut pada kutikula.
4) Kemudian rendam tangan selama 10 menit pada air yang diberi sabun lunak.
5) Keluarkan tangan, bilas bersih dan keringkan cepa dengan handuk.
6) Dorong kutikula ke belakang dengan menggunakan orange-wood stick. Terakhir pijatkan pelembab favorit Anda ke tangan.

Memperindah Rambut dengan Alpukat

Rambut adalah mahkota wanita. Maka tak heran jika pars wanita berlomba-lomba mendapatkan "mahkota"  menawan untuk mendukung penampilannya. Berbagai macam cara mereka lakukan, termasuk perawatan rambut dengan produk alami betas kimia dan ramah lingkungan.
Selain tumbuhan, bahan alami perawatan rambut ini juga dapat diperoleh dari buah-buahan. Salah satunya adalah alpukat. Buah yang satu ini direkomendasikan untuk daya hydrating dan kaya protein.
Simak cara perawatan rambut dengan menggunakan alpukat berikut ini.

1) Haluskan satu buah alpukat yang sudah matang.
2) Campurkan dengan 3. sdm jus lemon, I sdt garam laut, dan 1 sdm lidah buaya murni hingga menjadi seperti pasta.
3) Sisirkan ramuan tadi di rambut Anda dengan Oft
4) Tutup rambut Anda dengan shower cap dan tutup dengan handuk di sekelilingnya.
5) Diamkan selama 20-30 menit, selama itu Anda bisa menunggunya dengan membaca buku atau mendengarkan musik.
6) Buka penutup rambut Anda.
7) Bilas dengan air bersih, beri shampo dan bilas kembali untuk hasil rambut yang lembut dan  menawan,

Baca juga : Perawatan Kecantikan dengan Mentimun dan Apel, juga Penyebab Vagina bau dan Cara Mengatasinya

Itulah tadi cara menggunakan alpukat untuk perawatan kecantikan kulit wajah dan rambut. tulisan tersebut disarikan dari buku 100% cantik karya Dian Putriyanti, dkk. Semoga bermanfaat.











































Share this

Related Posts

Previous
Next Post »