Cara Mudah Mengetahui Ciri-ciri dan Tanda-tanda Kehamilan

Tanda-tanda Kehamilan -  Anda bertanya, apakah saya hamil? Atau sejak kapan saya mulai hamil? Dalam tulisan ini saya akan menerangkan soal itu dengan ringkas.

Anda tahu, secara biologi, umur keha­milan ibu sebenarnya adalah sejak terjadinya ovulasi sampai hari ini (had dilakukannya perhitungan kehamilan). Jadi, perlu diingat bah­wa hari ovulasi bukan hari yang sama dengan HPHT. Ovulasi adalah ketika telur dari indung telur 'dilempar' dari indung telur (ovum) masuk ke dalam tuba falopii (saluran telur). Apabila di saat itu sperma masuk saat melakukan coitus (persetubuhan), sel telur akan dibuahi untuk berkembang menjadi kehamilan. Ini menunjukkan tanda-tanda kehamilan.

Cara Mudah Mengetahui Ciri-ciri dan Tanda-tanda Kehamilan

tanda-tanda kehamilan
Hari ovulasi terjadi pertenga­han haid saat ini dengan haid yang akan datang dengan syarat siklus haidnya teratur setiap 28 had. Apa­bila haid tidak teratur, hari ovulasi adalah 14 hari dari haid yang men­datang.
Mengapa tidak memakai wak­tu ovulasi sebagai titik start dimulainya perhitungan kehamilan?

Jawabnya adalah dokter, bidan, dan tenaga medis Iainnya akan kesulitan menanyakan dan me­nyimpulkannya disebabkan per­tanyaan yang dikemukakan kurang lebih begini,

"Kapan ibu berhubungan dengan suami yang menyebabkan haid berikutnya tidak datang?"' Pertanyaan ini sulit dijawab bukan? Maka untuk memudahkan perhitungan, yang digunakan se­bagai patokan menghitung perkira­an kelahiran adalah HPHT.

Tanda-Tanda Kehamilan

Untuk mengetahui ciri-ciri awal kehamilan sebenarnya mudah. Meski perut Anda belum ter­lihat menggembung, tetap ke­hamilan sudah dapat dilihat dari beberapa tanda-tanda yang umum terjadi. Tanda-tanda kehamilan digolongkan menjadi dua, yaitu tanda pasti dan tanda tidak pasti. Nanti, Anda bisa rnengenali dan mempredisikannya sendiri.

Berikut adalah beberapa yang tanda alami jika anda memang hamil
  1. Tidak menstruasi. Meski begitu, jika anda tidak mendapatkan haid bukan berarti Anda pasti hamil.  Datang Bulan dapat berhenti karena sebab lain seperti penurunan berat badan berlebihan, kelelahan fisik, atau karena gangguan hormonal, stress juga bisa.
  2. Terjadinya perdarahan implantasi.
  3. Perubahan payudara. Tanda-tanda kehamilan lainnya adalah membengkaknya payudara dan menggelapnya aerola (daerah di sekitar puting payudara). Hal ini terjadi karena payudara Anda sedang dalam proses mempersiapkan air susu untuk si buah hati. Pembengkakan payudara ini seringkali dibarengi dengan terlihatnya pembuluh-pembuluh darah halus pada payudara. Selain payudara membengkak dan aerola menjadi gelap, payudara juga akan terasa Iebih sensitif
  4. Mengidam. Sulit mengartikannya, tapi anda tahulah apa maksudnya.
  5. Marasa mudah lelah atau Kelelahan.
  6. Mual dan muntah atau morning sickness. Morning sickness, mual dan muntah ini bisa terjadi kapan saja. Ada yang mengalaminya pada pagi Bari, ada yang mengalaminya pada masa hamil, tetapi ada pula yang mengalami mual dan muntah setiap waktu. Meski umum terjadi, tetapi tidak semua ibu hamil mengalami morning sickness. Pada sebagian orang, bahkan ada yang beruntung karena sama sekali tidak merasakannya. Jika morning sickness terjadi setiap hingga membuat Anda lernas dan kehilangan tenaga untuk beraktivitas kernungkInan Anda mengalami hiperemesis gravidarum. Segeralah berkonsutasi dengan dokter kan­dungan Anda, Meski demikian, usahakan untuk tetap makan dan rninum meskipun sedikit-sedikit. Jangan biarkan perut Anda kosong hingga Anda semakin lemas.
  7. Terjadi Sakit di punggung
  8. Sakit kepala bahkan pingsan. Ibu yang hamil muda kadang-kadang mengalami pingsan, terutama apabila sedang berada di tempat-­tempat yang ramai. Sebaiknya dianjurkan untuk tidak berkunjung ke tempat-tempat ramai hingga rnelewati minggu ke-16 masa kehamilan. Kadang-kadang Anda juga merasa pusing hingga tidak dapat berkonsentrasi. Jika memang Anda harus bepergian, untuk sementara waktu pergilah bersama seseorang agar jika terjadi sesuatu pada Anda ada yang dapat menolong.
  9. Sering Buang air kecil
  10. Mood berubah.
Untuk memastikannya, sebenarnya mudah saja. Anda dapat tes USG atau Ultrasonografi dan anda dapat melihat janin yang berusia 5-6 minggu di rahim anda ada atau tidak. Jika kehamilan anda sudah mencapai 17-19 minggu, biasanya anda akan merasakan gerakan janin yang lucu di perut atau rahim anda.

Demikian tulisan ringkas tentang Cara Mudah Mengetahui Ciri-ciri dan Tanda-tanda Kehamilan. Tulisan ini disarikan dari buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat karya Suwignyo. Anda sudah punya bukunya. Bisa dicari kok.

Baca juga: Teknik Yogya Sesuai Usia Kehamilan, juga tentang Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Mual Saat Hamil Muda . Demikian. Semoga bermanfaat. Salam cantik sehat









Share this

Related Posts

Previous
Next Post »