Cara Mudah Mencegah dan Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Mengatasi Mual Saat Hamil – Biasanya rasa mual datang seiring dengan munculnya tanda-tanda kehamilan. Jadi, anda yang baru saja hamil jangan kaget. Rasa mual ini biasanya datang pada pagi hari. Tapi ada juga orang-orang yang mengalami mual tak kenal waktu. Tapi ini alamiah, karena adanya suatu perubahan ditubuh anda.

Anda tidak perlu panik dan stress mengadapi rasa mual ini. Berikut adalah tips dan cara mencegah dan mengatasi rasa mual, khususnya cara mengatasi mual saat hamil muda.

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

cara mengatasi mual saat hamil
Yang harus anda lakukan jika mual adalah beberapa hal berikut:

- Minum yang cukup untuk menghindari dehidrasi akibat muntah. Minumlah air putih, atau jus buah. Hindari minuman yang mengandung kafein dan karbonat, seperti soft drink, kopi, dan lain-lain.
- Vitamin kehamilan kadang memperburuk rasa mual, tapi Anda tetap memerlukan vitamin tersebut untuk kehamilan Anda. Bila mual muntah sangat hebat, konsultasikan ke dokter sehingga dapat diberi saran terbaik untuk vitamin yang akan Anda konsumsi. Dan dokter mungkin akan memberikan obat untuk mual bila memang diperlukan.
- Vitamin BE efektif untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Sebaiknya Konsultasikan dahulu dengan dokter Anda untuk pemakaiannya.
- Penelitian di Australia menyatakan bahwa jahe dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi rasa mual dan aman untuk ibu dan bayi. Pada beberapa wanita hamil ada yang mengonsumsi jahe segar atau permen jahe untuk membantu mengatasi rasa mualnya.
- lstirahat dan relaks akan sangat membantu Anda mengatasi rasa mual muntah. Karena bila Anda sires, hanya akan memperburuk rasa mual Anda. Cobalah beristirahat yang cukup dan santai, dengarkan musik, baca buku baku atau majalah kesayangan Anda.
- Hadapilah kehamilan Anda dengan bahagia, karena ini adalah anugerah-Nya. Hubungi dokter bila mual muntah bertambah hebat hingga Anda tidak dapat makan atau minum apapun. Karena hal ini dapat mengakibatkan kekurangan cairan/dehidrasi. (Hiperemesis gravidarum).

Baca Juga: Hal Penting tentang Diet Selama Hamil

Itulah tadi beberapa cara mengurangi rasa mual saat hamil muda. tulisan ini disaring dari Dari buku Cantik Sehat Energik karya Malahayati SPd. Mungkin anda perlu membeli buku seputar kehamilan juga, apa salahnya. Semoga bermanfaat.










Share this

Related Posts

Previous
Next Post »