Tips Ramadhan: Memaksimalkan Hari-hari di Bulan Ramadhan

Tips Ramadhan - Alhamdulillah, Marhaban ya Ramadhan. Itulah sebaik-baik ucapan untuk menyambut datangnya bulan suci. Bagaimanapun, harus bersyukur kepada Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk bisa mendapatkan keuntungan dari bulan yang diberkati. Tapi seperti kita semua tahu hidup ini sangat tidak pasti & sayangnya banyak akan meninggal sebelum kedatangan bulan penuh berkah ini. Bagaimana jika sekiranya ini menjadi Ramadhan yang terakhir bagi kita? Diri kita masing-masing yang dapat menjawabnya.
tips ramadhan 2014


Nah, karena kita tidak tahu kapan akan mati, maka kita mesti memperlakukan Ramadhan ini dengan memperbanyak amal terbaik untuk memastikan bahwa kita memaksimalkan setiap detik berharga dalam bulan penuh berkah ini untuk memastikan bahwa kita mendapatkan manfaat maksimal dari itu.

Cara Cantik Sehat kali ini akan berbagi tips-tips memaksimalkan hari-hari berhaga selama bulan Ramadhan.


1. Memurnikan Niat

"Sesungguhnya semua tindakan dinilai menurut niatnya." [al-hadist]

Itulah kenapa kita sangat penting bahwa kita memurnikan & memperbaiki niat kita sebelum melakukan semua ibadah. Ini karena kita mungkin memiliki niat lain tanpa menyadarinya. Oleh sebab itu sebelum melakukan perbuatan baik kita perlu menyelaraskan & fokus pada niat kita untuk HANYA untuk ibadah dan mencari ridho Allah. Dengan melakukan ini kita akan dapat meningkatkan ketulusan dalam ibadah kita.

Bahkan rutinitas sehari-hari seperti makan, minum, tidur, bangun, bepergian dan lain sebagainya dapat menjadi sumber pahala yang besar dengan memiliki niat yang tepat. Asalkan dilandasi dengan niat beribadah kepada Allah. Hal ini seperti mengubah debu menjadi emas.

2. Membuat Jadwal Ibadah

Salah satu cara terbaik yang kita bisa ;akukan dalam memaksimalkan setiap hari di bulan Ramadhan adalah dengan merencanakan & membuat jadwal Ramadhan waktu kita secara efektif. Dengan demikian akan semakin jelas tujuan dan sasaran yang kita untuk berusaha mencapainya setiap hari. Dengan cara ini kita juga dapat memeriksa & memonitor kemajuan kita sehari-hari & melakukan penyesuaian & perbaikan yang semestinya.

3. Menghindari gangguan

Akan ada banyak hal yang dapat mengalihkan perhatian kita dari ibadah kepada Allah Ta’ala. Tapi kita harus mengambil semua tindakan pencegahan & langkah yang diperlukan untuk menghindari setiap gangguan tersebut.

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah untuk menghindari gangguan besar seperti TV selama satu bulan atau setidaknya sebanyak mungkin. Jika kita bertemu dengan teman-teman, hindari menggunjing. Mungkin tidak perlu pergi ke tempat-tempat seperti mal atau jalan tinggi kecuali benar-benar diperlukan.

Kita juga tidak harus menghabiskan berjam-jam memasak meja yang penuh makanan setiap hari untuk berbuka untuk ini adalah bertentangan dengan tujuan Ramadhan. Kita harus menghabiskan waktu sesedikit mungkin pada hal-hal lain selain ibadah. Kita harus memenuhi tugas sehari-hari kita secepat mungkin & menghabiskan waktu sebanyak mungkin dalam menyembah Allah.

4. Hindari makan berlebihan

Al-Hassan Al-Basri (RA) pernah berkata, kurang lebih begini: "Ujian bagi bani adam adalah makanan dan itu akan berlangsung sampai hari kiamat

Tidak ada keraguan bahwa makan berlebihan tidak hanya mengundang penyakit tetapi juga merupakan faktor utama dalam menghentikan kita dari memaksimalkan ibadah kita sehari-hari. Tidak heran jika Ibrahim al-Nakha'I (RA), salah satu guru dari Imam Abu Hanifah (RA) menyuruh kita untuk menghindari tiga hal, yaitu Terlalu banyak bicara, terlalu banyak makan, dan terlalu banyak tidur"

Tidak ada yang lebih buruk daripada puasa sepanjang hari & ketika saatnya datang untuk membuka puasa kita kita berakhir lebih dari makan sampai kita tidak bisa bergerak. Tentunya ini akan membuat kita merasa berat & malas dalam ibadah & membuat lebih sulit bagi kita untuk berdoa & bangun untuk Sehari.

Jadi mari kita mengontrol jumlah yang kita makan.

5. Memperbanyak Bacaan Qur'an

Ramadan adalah bulan Al Qur'an diturunkan, hal itu sebagaimana QS. al-Baqarah 2:185.

Maka, inilah bulan Al-Qur'an dan kita harus banyak-banyak membaca dan mengkajinya.
Di luar Ramadhan ada 10 penghargaan untuk membaca setiap huruf dari Al-Qur'an, sementara di bulan ramadhan semua perbuatan baik dikalikan dengan 70 atau lebih. Jadi untuk setiap huruf dari Al-Qur'an kita membaca kita akan mendapatkan 70 penghargaan atau lebih. Dapatkah Anda bayangkan berapa banyak pahala kita akan mendapatkan untuk membaca seluruh Qur'an hanya sekali? Bagaimana jika khatam dua kali? Subhaanallah!

6. Memberbanyak amalan Sunnah

Dengan mengikuti Sunnah dalam setiap aspek kehidupan kita sehari-hari, semua yang kita lakukan akan menjadi ibadah, bahkan pergi ke toilet, setelah mandi, berpakaian & membuka baju dll.

Sementara itu beberapa Tips Ramadhan: ara untuk Memaksimalkan Sehari-hari di bulan Ramadhan. Besok kita sambung lagi. InsyaAllah.

baca juga 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »