Jenis-jenis Minyak Goreng Lengkap

Jenis-jenis minyak goreng - Minyak goreng terdiri dari berbagai macam atau jenis. Minyak goreng adalah minyak yang diekstrak dari suatu bahan sumber minak dan telah mengalami proses pemu rnian. Minyak oreng dihasilkan dari bahan yang berbeda akan mempunya stabilitas yang berbeda pula. Stabilitas minyak goreng dipengaruhi banyak faktor, yatu derajat ketidakjenuhan asam lemak yang dikanungnya, penyebaran ikatan rangka dan adanya bahan lain yang dapat menghambat atau mempercepat proses kerusakan.

Dalam proses pemurnian minyak, zat gizi mikro (vitamin dan mineral) sebagian sengaja dibuang untuk memenuhi selera konsumen. Tujuan utama proses pembuatan minyak goreng dilakukan dengan pemurnian minyak untuk menghilangkan rasa serta bau yang tidak enak, warna yang tidak menarik] dan memperpanjang masa simpan minyak sebelum dikonsumsi atau digunakan sebaai bahan mentah dalam industri, karoten dan tokoferl yang merupakan zat antioksidan alami dpada minyak akan menurunkan kadarnya pada minyak yang telah mengalami proses pemurnian minyak goreng. 

Minyak nabati dapat diperoleh dari berbagai sumber, yaitu kelapa, kelapa sawit, kedelai, jagung, biji bunga matahari, bji kapas dan wijen. Ini tentu masih jarang yang tahu. Tahunya kita selama ini minyak ini ya kalau tidak dari minyak kelapa ya dari kelapa sawit. Ternyata ada macam-macam minyak goreng.

Sumber yang paling banyak digunakan untuk menggoreng adalah minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Sementara minyak biji kapas,] minyak biji bunga matahari, minyak kedelai dan kacang-kacangan lainnya, kurang baik dipakai sebagai minyak goreng karena mengandung asam lemak tidak jenuh yang cukup tinggi yang jika kontak dengan udara pada suhu tinggi cepat teroksidasi sehingga berbau tengik.

jenis-jenis minyak goreng

Jenis-jenis minyak goreng

Minyak kelapa

minyak kelapa
Minyak kelapa diperoleh dari buah kelapa yang cukup tua, baik melalui cara basah, yuaitu ekstraksi dari santan maupun melalui cara kering, yaitu pengepresan kopra. Minyak kelapa umumnya terdiri datas 90% asam lemak jenuh dan 10% asam lemak tidak jenuh. Asam lemak jenuh terutama terdiri atas asam laurat, asam miristat, dan asam palmitat, sedangkan asam lemak tidak jenuh terdiri atas asam palmitoleat, asam oleat dan asam linoleat.

Minyak kepala sawit

Salah satu sumber minyak nabati yang dapat dipakai untuk menggoreng adalah minyak kelapa sawit yang diekstrak dari daging buah kelapa sawit (dikenal dengan cride palm oil atau CPO). Selain itu inti kelapa sawit dapat juga diekstrak untuk menghasilkan minyak inti sawit (dikenal dengan palm kernel oil atau PKO. Tanaman kepala sawit yang berasal dari Afrika Barat ini banyak ditemukan di daerah Jawa Barat, Lampung, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Aceh.

Minyak Kedelai

minyak goreng kedelaiMinyak kedelai diekstrak dari biji kedelai. Meskipun kedelai sudah ditanam di Indonesia sejak 1750, tetapi produksi minyak kedelai sebagai minyak horeng di Indonesia baru dimulai beberapa tahu yang lalu. Selain sebagai minak goreng, minyak kedelai juga banyak digunakan untuk shortening] salad oil, margarin, dan pengalengan ikan.

Akhir-akhir ini minyak kedelai makin poular dipakai sebagai minyak goreng karena lebih menguntungkan dari segi kesehatan dibandingkan minyak kelapa dan kelapa sawit.

Minyak Jagung

minyak jagungJagung (zea mays) merupakan tanaman pangan yang penting setelah padi dan terdapat hampir di seluruh kepulauan Indonesia. Selain sebagai makanan pokok akan sumber karbohidrat, jagung juga banyak digunakan sumber minyak. Minyak jagung diperoleh dengan mengekstrak bagian lembaga dengan sistem pres atau kombinasi sistem pre dan pelarut.

Kepupuleran minyak jagung dilandasi oleh komposisi asam lemaknya. Tidak seperti minyak kelapa atau kelapa sawit, jumlah asam lemak jenuh pada minyak jagung sangat rendah (sekitar 13%) terdiri atas asam palmitat dan asam strearat. Tingginya kadar asam lemak esensial pada minyak jagung sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh dan mencegah arteriosklerosis.

Ada beberapa pertanyaan terkait minyak goreng bagi penderita kolesterol tinggi. Berikut adalah kata kuncinya:

minyak goreng non kolesterol

minyak goreng untuk penderita kolesterol
minyak goreng apa yg tidak mengandung kolesterol
minyak goreng kolesterol
daftar minyak goreng non kolesterol
jenis minyak goreng non kolesterol
minyak goreng tanpa kolesterol
minyak goreng untuk diet kolesterol
minyak goreng untuk kolesterol
minyak goreng yang tidak mengandung kolesterol
minyak goreng yang rendah kolesterol

minyak goreng yang aman untuk penderita kolesterol

jenis minyak goreng zaitun
proses pembuatan minyak goreng sunco
minyak goreng bimoli non kolesterol
massa jenis minyak goreng bimoli
proses pembuatan minyak goreng bimoli
proses produksi minyak goreng filma
proses pembuatan minyak goreng filma
jenis minyak goreng untuk diet
jenis minyak goreng padat
harga minyak goreng non kolesterol
jual minyak goreng non kolesterol
contoh minyak goreng non kolesterol
produk minyak goreng non kolesterol

adakah minyak goreng non kolesterol

minyak kelapa sahara minyak goreng non kolesterol
label non kolesterol dalam minyak goreng
merek minyak goreng non kolesterol
minyak goreng yang non kolesterol
proses pembuatan minyak goreng barco

Untuk menjawab pertanyaan tersebut silakan baca:
Cara mudah bersahabat dengan kolesterol

Itulah tadi beberapa jenis minyak goreng yang penting kita simak. Dengan mengetahui jenis minyak goreng tersebut, pertama wawasan kita tentu lebih luas, dan yang kedua kita juga bisa memilih mana jenis minyak yang paling sesuai untuk kebutuhan kita sehari-hari, tentu dengan mengedepankan aspek kesehatan dan ekonomi. Nah, lebih jauh, saya akan lanjutkan tulisan yang bersumber dari buku Solusi Sehat Made astawan ini tentang Kaitan antara Minyak Goreng dan Kolesterol.Terimakasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »