5 Cara Supaya Nasi Kuning Tidak Cepat Bau

Anda suka dengan nasi kuning? Saya sih suka banget. biasanya kalau pas lagi malas masak, suka beli nasi kuning kalau pagi-pagi. Ketika anak ulang tahun atau ketika selamatan juga kami membuat nasi kuning. Nah, Seringkali nasi yang kita masukkan Rice Cooker menjadi kuning, berbau dan tidak tahan lama. Gimana ya agar nasi kuning tetap bagus dan hangat? Tidak bau gitu. Berikut adalah beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan:

Alasi dengan daun pisang

Ini ajaib. Sebelum memasukkan nasi, alasi Rice Cooker dengan daun pisang. Selain awet, baunya juga lebih harum. Sehabis makan malam, cabut stop kontak Rice Cooker. Dengan cara ini, nasi akan tahan hingga pagi hari. Tapi, sebelumnya, tutup Rice Cooker dengan lap agar bersih dari uap nasi.

Teteskan air jeruk nipis

Cara ini mungkin bisa di coba. Sebelum nasi dimasak, tetesi air dengan air jeruk nipis. Jangan khawatir rasa nasi tidak akan berubah meski ditambah air jeruk nipis.

Awet atau tidaknya nasi juga sangat bergantung pada proses pencucian. Jika ingin nasi tahan lama, cuci beras sebersih mungkin. Sayangnya, cara ini akan menghilangkan vitamin B yang menempel pada kulit ari beras.

Takaran Air Harus Sesuai


Masihkah kita dengar tekhnik jitu dari orang tua dulu? Takaran air yang pas harus satu ruas jari telunjuk. Dan itu mujarab! Tapi, ada kalanya kita juga harus menyesuaikan jenis beras dengan kadara airnya. Ada beras dengan daya serap air tinggi, ada pula dengan daya serap rendah. (Busyet! Kayak pembalut aja!)

Bersihkan Sisa Nasi


Adakalanya bekas nasi yang menempel dan berkerak di sekitar magic com. Beberapa dari kita mungkin sembarangan membersihkannya, sehingga masih ada sisa-sisa sedikit. Ini yang menjadikan terkadang nasi yang kita masak tidak tahan lama.

So, mulailah dengan membersihkan sisa nasi sebersih mungkin.

Jangan Memanaskan Nasi Sepanjang Malam.


Mengapa? Bukankah kita ingin nasi panas sepanjang hari? Itu dia masalahnya. Setelah masak, tentu magic com secara otomatis beralih fungsi sebagai pemanas, agar nasi yang kita konsumsi tetap panas. Tapi masalahnya, nasi yang seharian berada pada suhu panas, akan mengalami kerusakan gizi dan bentuk. Akibatnya, kita sering mendapati nasi kita kuning, kering dan rasanya kurang nikmat lagi.

Saran saya, kalau sampai nasi berlebih dan harus bermalam ria, magic com bisa dimatikan, dan dibuka sedikit, tanpa menekan penutupnya. Besoknya, bila kita tidak ingin makan nasi dingin, kita bisa masak menjadi nasi goreng bukan?

Nah, sekian dulu postingan kali ini. Semoga bermanfaat, dan have a nice day! Baca tulisan lainnya ya:
Makanan Penjaga Kesehatan dan Stamina Saat Puasa
Cara Ampuh Mencegah, Mengobati, dan Menghilangkan Varises

salam cantik sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »