Tips Aman Mencuci Wajah yang Jarang Diketahui

Tips Kecantikan Kulit Wajah - Sebelumnya kami sudah memposting tentang pentingnya membersihkan wajah sebelum tidur. Artikel ini bisa menjadi pelangkapnya. Apa saja tips aman mencuci wajah? Bagaimana cara mencuci wajah yang baik? Pengen tahu benar, mari kita simak.

Ya, mencuci wajah memang tidak boleh sembarangan. Selain bisa membuat tujuan utama, membersihkan wajah dan melindunginya dari penyakit tidak terpenuhi, mencuci wajah sembarangan justru dapat merusak kulit wajah. - cara cantik

Tips Aman Mencuci Wajah yang Jarang Diketahui

Tips Aman Mencuci Wajah

Berikut adalah beberapa cara mencuci wajah yang baik dan benar.

 Jangan Berlebihan atau terlalu sering


Jangan terlalu sering atau berlebihan dalam mencuci wajah? Menatang-mentang wajah anda ingin putih dan bebas dari kotoran bukan berarti tiap menit anda harus menbilas wajah anda dengan air. Mencuci wajah berlebihan justru tidak baik. Kenapa?

Karena dapat membuat kulit menjadi kering dan cepat keriput, sehingga timbullah penuaan dini. Oleh sebab itu, sederhana saja, tidak usah berlebihan. Pagi, siang dan malam sudah baik. Atau cukup dua kali saja, pada pagi bagun tidur, dan saat menjelang tidur.

Hati-hati Dalam Memilih Pembersih Wajah


Anda menggunakan facial wash atau pembersih wajah? Apakah anda sudah teliti ketika memilih produk tersebut. Ya, tentu saja, dalam hal apapun kita wajib teliti termasuk dalam memilih pembersih wajah. Karena, jika kita tidak tepat bisa-bisa kulit wajah kita jadi rusak.
Berikut adalah beberapa tips memilih facial wash: Bagi pemilik kulit kering, sebaiknya pilih facial wash yang mengandung lebih banyak minyak atau lotion. Facial wash yang terlalu keras bila diaplikasikan pada kulit kering bisa menyebabkan terjadinya iritasi dan berefek buruk bagi kesehatan kulit wajah kita.

Sebaliknya, untuk pemilik jenis kulit wajah yang berminyak, gunakanlah pembersih wajah yang sesuai, yakni yang dapat menyerap kelebihan minyak pada wajah. Anda bisa mengonsultasikan ini dengan penjual atau dokter.

Gunakan air hangat atau dingin


Apa bahayanya membilas wajah menggunakan air panas? Bukan main, bahanya dapat melenyapkan minyak alami kulit yang berguna. So, gunakan pembilas yang tepat, air hangat atau air dingin adalah pilihannya. Jangan pula gunakan air es ya, apalagi air kopi. Hehe..just kidding

Perlukah mengoleskan pelembab?


Lagi-lagi ini adalah soal pilihan. Mengoleskan peembab baik dilakukan setelah anda mencuci wajah anda, baik malam maupun pagi. Kalau tidak ada pelembab yang tak masalah, asalkan anda sudah benar benar benar dalam mencuci wajah anda. Tetapi fungsi pelembab adalah untuk menjaga agar kulit tidak kehilangan kelembababannya sehingga tidak menjadi kering.  Ini cukup berarti bagi anda yang memiliki kulit jenis kering.

Tips pemakaian Scrub


Kadang-kadang kita membutuhkan Scrub agar pembersihan wajah bisa sempurna. Oleh sebab itu, kita perlu tahu tentang pemakaian scrub yang benar. Pemakaian scrub yang benar adalah menggunakannya sesuai petunjuk, jangan sekali-kali anda berlebihan dalam menggunakannya. Tujuan scrub adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun jika berlebihan maka menyebabkan kulit menjadi sensitif dan kemudian menjadi lebih mudah terkena terhadap debu dan kotoran.  Tidak perlu setiap hari menggunakan scrub, cukup dua kali sebulan atau seminggu sekali.

Hati-hati saat wajah


Selain penggunaan scrub yang harus anda perhatikan adalah saat mengeringkan wajah. Biasanya anda menggunakan apa? Handuk? Tisu? Hem, kalau anda mengeringkan wajah gunakanlah handuk yang memilik serat lembut.  Kemudian, perhatian bagaimana cara anda menggosok. Gosoklah dengan lembut wajah anda, jangan terlalu keras dan kasar seperti ketika anda membersihkan noda lantai membandel. Bisa mungkin anda cukup menepuk-nepuk pelan dengan gerakan melingkar.

Akibat dari pengeringan wajah tidak benar setelah dibersihkan yakni bisa menjadi pemicu pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kulit wajah bisa juga menjadi tergores akibat handuk yang kasar.

Demikian artikel berjudul Tips Aman Mencuci Wajah yang Jarang Diketahui. Disarikan dari berbagai sumber, majalah nyata dan ummi. Semoga tips membersihkan wajah ini bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »