Gizi dan Vitamin dalam Madu yang Wajib Diketahui

Khasiat Madu - Madu adalah bahan pangan yang rasanya manis, berasal dari sari bunga atau nektar yang dikumpulkan, diubah, dan diikat dengan senyawa-senyawa tertentu oleh lebah. Nektar bunga diisap lebah, kupu-kupu, semut dan burung dari berbagai aneka tanaman. Hampir semua tanaman yang erbunga mempunyai nektar yang daat diisap lebah, bak tanaman perkebunan,t tanaman buah, tanaman pangan sayuran] tanaman hias, tanaman obat maupun rumput-rumputan.

Selain menghasilkan madu, kehadiran lebah yang mengisap nektar atau tepung sari pada pucuk-pucuk bunga juga sangat membantu proses penyerbukan bunga.

Madu merupakan bahan pangan alami yang telah dikenal sejak berabad-abad yang lalu. Madu pertama kali ditemukan pada tahun 70000 SM di spanyol. Indoneia yang beriklim tropis dan memiliki tanaman yang berbunga sepanjang tahun sangat potensial untuk usaha produksi madu.

vitamin dalam madu

Berikut adalah nilai gizi madu yang wajib diketahui.

Komposisi gizi madu bergantng pada sumber nektar, sifat tanah tempat tanaman sumber nektar tumbuh, cuaca, derajat pemasakan, dan cara ekstraksi. Menurut Prancis G Smi madu yang telah masak mengandung zat-zat fluktosa, glukosa, sukrosa, mineral, air, dan zat-lainnya.

Nektar adalah senyawa kompleks yang dihasilkan oleh kelenjar nectaries yang terdapat di dalam atau di sekitar bunga atau pada beberapa struktur ekkstraflora. Nektar sendiri mengandung beberapa gula dan bahan-bahan lain seperti mineral, nitrogen] komponen aromaik, vitamin dan pigmen-pigmen tanaman.

Vitamin dalam madu antara lain adalah tiamina, riboflavin..biotin.. asam askorbat, piridoksina, diasin, dan asam pantotenat, yang jumlahnya tergantung pada jenis madunya.

Protein. Kandungan protein dalam madu relatif lebih kecil sekitar 2,6%. Asam-asam animo yang terdapat dalam protein madu adalah alanin... asparagin... arginin, asam glutaman glisin] histidin dan lainnya.

Enzim. Madu megandung enzim penting atanra lain diastase, glukosa oksidase, kataase, invertase, dan fostatase. Ensim diastase merupakan salah satu indeks yang menentukan mutu madu.

Demikian Cara Cantik Sehat mengupas beberapa kandungan vitamin dan gizi dalam madu. Baca artikel kelanjutannya: Cara membedakan madu asli dan palsu. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »