Perawatan Kulit Remaja dan Kosmetik yang Tepat

Mengenal Ciri Kulit Remaja dan Kosmetik yang Tepat - Sebagai gadis seusia remaja sangat penting diingat baik-baik bahwa konsep cantik sama dengan sehat, bukan cantik sama dengan putih. Banyak dijumpai gadis usia SMP & SMA yg berjerawat & timbul flek disebabkan memakai kosmetik yang mengandung merkuri dan hidrokinon, itu dikarenakan gara-gara ingin wajah putih.

Pada umumnya sih kulit remaja tidak bermasalah, hanya cenderung berminyak saja. Perawatannya pun sebenarnya tak mesti berlebihan. Sesudah dewasa atau baligh baisanya, hormon kewanitaannya sudah aktif, maka remaja alangkah lebih baiknya secara rutin & konsisten dalam merawat kulitnya demi alasan kesehatan. - Cara Perawatan Kulit

Perawatan Kulit Remaja dan Kosmetik yang Tepat



perawatan kecantikan remajaBerikut adalah Prinsip perawatan kulit remaja yang penting anda ketahui:

Cara 1; Bersihkan

Bagi kulit remaja usia 14 tahun atau sekitar cara perawatannya cukup mudah. Bisa dimulai dengan membersihakannya secara rutin. Cuci muka dg sabun dan air ketika mandi. Cukup dengan sabun bayi / sabun spesial wajah ber-pH 5,5. Hindari mencuci wajah dengan sabun mandi karena pH-nya tinggi sekitar 8 hingga 9 (sama dengan sabun colek). Keadaan pH biasa seperti itu akan mengikis lapisan lemak alami pelindung kulit sehingga kulit jadi kering & dapat muncul bercak putih atau iritasi.

Untuk membuang kulit mati, lakukan facial scrub dua kali seminggu. Sedangkan masker wajah & lulur badan, 1-2 pekan sekali.

Cara 2; Lindungi.


Biasakan pakai pelindung sinar uv atau UV (sunblock/sunscreen/tabir surya) bila ke luar rumah. Gunakan pada bagian kulit yg tdk tertutup pakaian dan terkena sinar matahari, sekitar pukul 9-16. Pilihlah yg SPF 15 atau lebih, dan jenisnya lotion / gel karena sedikit minyaknya.

Untuk kulit berjerawat, gunakan sunscreen gel yg paling sedikit lemaknya supaya tdk memperbanyak jerawat dan hindari tabir surya jenis krim.

Caranya, tabir surya dioleskan setengah jam sebelum terpajan sinar matahari. Ulang pemakaian setelah terkena air (usai berwudhu/cuci muka). Ketika berolahraga dan berkeringat, gunakan ulang tiap 2 jam. Di saat berenang, gunakan kembali tiap selesai mengeringkan kulit dg handuk.

Spesial untuk kulit tubuh, pelindung sinar UV paling baik adalah dengan memakai busana perempuan muslim yang menutup seluruh tubuh selaras syariat Islam. Pakaian itu sendiri punya SPF antara 15-50 & praktis, tidak usah dipakai ulang. Para ahli kulit sedunia sepakat bhw pakaian adalah pelindung terbaik kulit untuk mencegah kanker & penuaan dini. So memakai busana perempuan muslim adalah perawatan kulit tubuh terpraktis, termurah dan paling baik untuk perempuan. Sedangkan bedak, bisa digunakan dan pilih jenis tabur unt kulit berminyak dan berjerawat.

Jangan lupa makan makanan sehat. Kulit yg bugar atau sehat membutuhkan gizi cukup dan seimbang dr makanan. Saat seminar di Amerika Serikat Februari lalu, kami mendapatkan konsep cantik terbaru, yakni nutraceutical. Maksudnya, jika mau kulit sehat & cantik, bukan hanya dengan mengoles krim pada kulit ya. Tapi juga harus siap mengonsumsi makanan bergizi seimbang & hindari makanan “beracun” mengandung pengawet, pewarna buatan, MSG. Jika anda seorang ibu atau bapak sejak kecil, biasakan anak gadis kita memakan tidak sedikit sayuran, buah-buahan, protein hewani dan nabati. Hindari mengonsumsi makanan berlemak, junk food, makanan instan & awetan, atau camilan ber-MSG.
Lembabkan.

Ini berlakucuma unt kulit yang kering. Untuk hasil paling baik, cepat oles body lotion setelah mandi ketika kulit masih lembab. Kulit di bagian wajah boleh diberi pelembab enteng, jenisnya lotion, pada malam hari, paling utama untuk kulit yang cenderung kering. Pagi dan siang hari tak mesti pelembab spesial sebab sunscreen sudanh mengandung pelembab.
Rawat rambut.

Cucilah rambut dua hari sekali dengan sampo lembut & selaras jenis rambut. Hindarilah pelurusan, pewarnaan, dan pengeritingan rambut karena zat kimia dalam bat yg dipakai hendak merusak rambut. Berdasarkan penelitian di Inggris pada th 2008 diketahui bahwa rutin mengecat rambut sehabis umur remaja menyebabkan kanker kandung kemih pada umur paruh baya.

Cara 3; Obati

Pengobatan Jerawat

"Perawatan kulit remaja berjerawat" juga tidak begitu sulit. Bila derajatnya enteng dapat diolesi obat jerawat terdapat kandungan sulfur yg dijual bisa apa aja di pasaran dan relatif kondusif. Kalau parah, cepat berobat ke dokter spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mendapatkan pengobatan khusus sesuai umur. Jangan telat, karena jika sudah berbekas / berlubang sukar sekali diobati. Tdk memencet jerawat yang sedang merah dan meradang karena dapat menyebabkan lubang pada kulit.

Mengobati kulit Belang

Baik belang putih / flek hitam, gunakan sunscreen kalau terkena sinar matahari dan ketika berenang. Jika tidak sembuh sebaiknya menemui ahli kesehatan spesialis kulit unt diobati.

Untuk penyakit kulit lain, seperti eksim, alergi, jamur, panu, bisul, flek. Sebaiknya cepat periksakan ke dokter spesialis kulit.

Catatan Penting merawat kencantikan Remaja

Untuk remaja, sebaiknya pilih produk kosmetika yg tdk wangi & tidak berwarna. Karena zat dalam pewangi & pewarna tersebut terbukti paling banyak menyebabkan iritasi dan alergi.

Pilihlah tabir surya jenis physical sunscreen tanpa PABA, jangan chemical sunscreen.

Janganlah pakai krim pemulihan atau perawatan wajah untuk dewasa, seperti produk antiaging.

Hindarilah krim pemutih, apalagi yang hasilnya instan, misalnya dalam 1-3 pekan warna kulit jadi putih. Biasanya putihnya tdk wajar, malah terlihat pucat seperti mayat. Kosmetik laksana itu terdapat kandungan zat berbahaya bagi kesehatan, seperti merkuri atau hidrokinon dosis tinggi.
baca juga

Cara Memilih Krim Malam Sesuai dengan Jenis Kulit
Cara Alternatif Menghilangkan Flek dan Noda Hitam di Wajah

kata kunci:

perawatan kulit wajah agar putih secara alami...
merawat kulit wajah agar putih dan bersih...
perawatan kulit wajah dan badan secara alami....
perawatan kulit wajah di natasha skin care
merawat kulit wajah dan tubuh secara alami
cara merawat kulit wajah normal cenderung berminyak
cara merawat kulit wajah pria secara alami
cara merawat kulit wajah pria yang berminyak
cara merawat kulit wajah pria agar putih
cara perawatan kulit wajah dengan minyak zaitun
perawatan kulit kering dan kusam secara alami
merawat kulit kering dan kusam secara alami
cara merawat kulit kering pada wajah secara alami
perawatan kulit wajah kering dan kusam secara alami
perawatan kulit alami agar tampak putih berseri
perawatan alami agar kulit wajah tidak kering
cara perawatan kulit alami tampak putih berseri
perawatan alami untuk kulit berminyak dan berjerawat
perawatan alami untuk kulit wajah yang kering
perawatan alami untuk kulit wajah yang tipis
perawatan yang cocok untuk kulit wajah kering
perawatan untuk kulit wajah kering dan kusam
tips merawat kulit wajah kering dan kusam
cara merawat kulit wajah kering dan kusam
merawat kulit wajah yang kering dan kusam
cara merawat kulit wajah kering dengan bahan alami
cara merawat kulit wajah kering dan berjerawat
cara merawat kulit wajah kering dan berminyak
cara merawat kulit wajah kering dan kasar
cara merawat kulit wajah kering dan kusam secara alami
cara merawat kulit wajah kering dan mengelupas
cara merawat kulit wajah kering dan sensitif
cara merawat kulit wajah kering dengan madu
perawatan sehari hari untuk kulit wajah kering
cara merawat kulit wajah kering secara alami
tips merawat kulit wajah kering secara alami
perawatan tradisional untuk kulit wajah yang kering
cara merawat kulit wajah yang kering secara alami
cara merawat kulit wajah yang kering dan berjerawat
cara merawat kulit wajah yang kering dan kasar
perawatan kulit wajah berminyak dengan bahan alami

demikian sekilas artikel tentang Perawatan Kulit Remaja dan Kosmetik yang Tepat. semoga bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »