Cara Alternatif Menghilangkan Flek dan Noda Hitam di Wajah

Cara Alternatif Menghilangkan Flek dan Noda Hitam di Wajah - Sebelumnya Cara Cantik Sehat sudah membahas soal Cara gila menyingkirkan jerawat dan bekasnya. Nah kali ini kami akab berbagai tips seputar Cara mengatasi flek hitam dan noda di wajah dengan cepat. Kita mungkin tidak tahu, bahwa di dunia kedokteran, cara menghilangkan flek hitam, sproeten, melasma dan noda di wajah secara klinis bisa dilakukan melalui beberapa metoda atau cara. Bisa saja dengan teknik laser, chemical peeling, dermaroller, pemberian eksfolian dan pemutih, serta micro-dermabrasi. Semua itu ada keuntungan dan kelebihannya dan kelemahannya masing-masing. Nah, kita akan bahas soal keuntungan dan kelebihannya, mana yang lebih murah, dan mana yang lebih efektif. Informasi tersebut bisa dapatkan di artikel cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dan cepat ini.

Cara Mengatasi Flek Hitam dan Noda di Wajah


menghilangkan flek hitam di wajah dengan cepat

Cara menghilangkan Flek hitam - Kita mesti tahu dulu bahwa Flek hitam pada umumnya disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet, faktor usia dan sebab-sebab hormonal. Nah! Tapi ada lagi beberapa faktor lainnya, yang menjadi pemicu flek. Apa saja penyebab flek pada wajah yang lalinnya itu, antara lain:

  • Karena Produksi minyak.
  • Karena Kulit yang sukar beregenerasi.
  • karena faktor genetika.
  • Karena Alat kontrasepsi seperti pil KB.
  • Disebabkan Iritasi kulit.
  • Mungkin juga kerena stress.

Teman-teman sekalian, harap diingat, di antara problem kulit yang umum terjadi pada wanita, maka menghilangkan flek dan noda hitam membutuhkan waktu recovery yang lebih lama dari yang lain. Juga menghabiskan lebih banyak biaya. Jangankan menghilangkan flek hitam melalui cara alami, metoda klinispun membutuhkan waktu yang cukup lama. Ya anda harus sabar dong.

cara alternatif menghilangkan bintik hitam di wajah dengan cepat - Tetaplah pede meski wajah terkena flek itu jauh lebih baik, sembari berusaha mengobatinya. Apalagi bila kondisinya cukup parah sehingga menembus ke lapisan epidermis. Memang, ridak jarang seseorang harus berobat ke luar negeri untuk menjalani perawatan intensif. Wah, pasti biayanya mahal. Banyak juga yang sudah mengalami perawatan tersebut menemui kegagalan, dan menyisakan problem baru yang cukup serius. Anda tidak ingin kan? Maka, cobalah beberapa tips alternatif menghilangkan flek hitam diwajah berikut untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Pertama, Teknik medis dalam menghilangkan flek hitam dan noda di wajah

Menghilangkan Flek Hitam dengan aplikasi asam topikal


Kita akan mulai dengan cara yang paling murah, yaitu aplikasi asam topikal (krim atau cairan asam).
Metoda ini walaupun paling murah, akan tetapi bila komposisinya tepat dan dikombinasi dengan bahan-bahan lain bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis asam yang sering digunakan untuk mengatasi flek hitam adalah :

Krim AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan beta-hydroxy acid. Alpha hydroxy acid, sering dipakai untuk menghilangkan flek. Krim AHA dapat dihasilkan dari asam glikolat, asam sitrat, asam mandelic, asam laktat dan lain-lain [sumber]. Proses yang terjadi adalah kulit akan dicoba dikelupaskan baik secara wajar ataupun ekstrim (tergantung kepada teknik yang disukai oleh para medis yang bersangkutan). Bila menggunakan teknik wajar, maka masih bisa dipakai untuk jenis kulit sensitif. Namun tentunya akan mengakibatkan proses perawatan menjadi lebih lama. Alpha hydroxy acid selain dapat ditemukan dalam sediaan krim, juga bisa berbentuk serum.

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Dermaroller

Dermaroller merupakan metode peremajaan, dan perawatan jaringan parut untuk menyempurnakan kulit yang bopeng bekas jerawat atau cacar, keriput , flek hitam, kulit kusam, bekas luka, bekas operasi, bekas melahirkan, flek dan bintik-bintik hitam, selulit, stretch mark. Dermaroller berisikan jarum-jarum halus di bagian roller untuk mengikis kulit mati dan membuat pori-pori lebih terbuka, sehingga memudahkan penyerapan obat. Biasanya diberikan krim anasthesi untuk menahan rasa sakit, sebelum metode ini dilakukan.

Beta hidroksi acid dalam konsentrasi kuat, akan efektif dalam mengatasi noda hitam dan flek.


Retinol juga dikenal sebagai tretinoin, atau Retin-A. Disamping sangat efektif untuk membantu pengobatan jerawat, jenis ini sering digunakan sebagai pencerah wajah. Anda bisa menemukan jenis asam ini dalam sediaan krim, cairan dan gel.


Metode dermaroller untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Proses cleansing / pembersihan.
  • Kedua, Pemberian krim anaesthesi, sampai kulit terasa menebal.
  • Ketiga, Roller kulit dengan berbagai arah ( atas-bawah-kiri kanan-diagonal) sekitar 10-12 menit, ditekan dengan menggesernya secara perlahan.
  • Keempat, Sterilisasi dengan NaCl atau air steril
  • Kelima, Pemberian serum, vitamin atau kolagen, khusus untuk scar

Teknik ini dilakukan tidak cukup hanya sekali (3x hingga 20x  perawatan), tapi dilakukan seminggu sekali atau disesuaikan dengan kondisi kulit pasien.

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Mikrodermabrasi


Mikrodermabrasi adalah cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan kristal yang sangat halus untuk menggerus bintik-bintik gelap dari kulit Anda. Metoda ini sedikit tidak disukai karena prosesnya harus diulang beberapa kali selama beberapa bulan.

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Chemical Peeling


Chemical peel merupakan metode pemberian asam konsentrasi tinggi untuk membuat kulit menjadi lebih sensitif. Kulit yang sensitif merupakan langkah awal untuk memudahkan pengelupasan kulit mati dan flek hitam. Banyak orang yang tidak menyukai metoda ini karena kulit mengalami merah-merah yang cukup lama.

Menghilangkan Flek Hitam Dengan Teknik Laser Resurfacing


Teknik laser ditempuh melalui penggunaan gelombang cahaya berkecepatan tinggi dalam menghancurkan flek dan noda hitam. Daerah berpigmen akan menyerap cahaya, dan dihancurkan kemudian mengalami penguapan. Tubuh akan bereaksi untuk menyembuhkan daerah tersebut, dengan membentuk keropeng supaya terjadi proses regenerasi kulit baru. Walaupun efektif dalam mengatasi flek hitam tapi sangat mahal, dan bisa menyakitkan. Dan metode ini harus dilakukan berkali-kali hingga flek hitam menjadi semakin menipis dan hilang. Teknik laser membutuhkan waktu sedikit lebih lama supaya kulit kembali pada kondisi normal.

Demikian, semoga bermanfaat. Baca juga artikel lainnya . Jika anda punya pengalaman seputar flek hitam, silahkan sampaikan dikomentar. siapa tahu ada yang isa membantu dan bermanfaat bagi yang lain. -  Cara Mengatasi Flek Hitam diWajah

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »