Tips Mudah Mengetahui Kehamilan dengan Test Urin dan Darah

Cara Mengetahui Kehamilan – Ada beberapa cara untuk dapat mengetahui kehamilan. Cara yang paling mudah adalah dengan test urin atau tes urine. Bisa juga dengan test darah, dan bisa pula dengan USG.

Mari kita bahas satu persatu cara mengetahui hamil atau tidak dengan cara tersebut di atas.

cara mengetahui kehamilan

Test Urin untuk Tahu Kehamilan

Alat test urin ini bernama Buns, melanostictus. Hasil positif bila terdapat sperma katak dan negatif bila tidak ada. Ada juga yang dijujikan pada pada tikus (reaksi Azchiem Zondek), Penilaian pada tes kehamilan tersebut pada prinsipnya sama.

Sekarang tes kehamilan dengan urine dapat dilakukan sendiri di rumah ataupun di laboratorium. Bahkan, alat-alat tes kehamilan banyak dijual di apotik dengan harga yang bervariasi. Semakin mahal harga test pack tersebut, biasanya tingkat keakuratannya semakin tinggi. Test pack merupakan salah satu pilihan yang sering dilakukan banyak pasangan karena penggunaannya yang mudah. Anda dapat melakukan test pack kurang lebih la hari set&ah persetubuhan pada masa subur.

Tanda-tanda Kehamilan - Meskipun terdapat berbagai macam jenis test pack (yang berbentuk strip, seperti pens, batangan kecil, dan sebagainya), tetapi pada prinsipnya cara kerja test pack tersebut sama, yaitu untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan HCG (Human Chorionic Gonadotropin) di dalam tubuh ibu. Jika memang hamil, Horrnon ini terdapat di dalam urine dan darah, Peningkatan HCG akan terjadi kurang Iebih seminggu setelah ovulasi.

Jadi, disarankan agar Anda melakukan tes ini minimal tubuh hari setelah ovulasi. Jika kurang dari seminggu kemungkinan besar hasil yang diperoleh tidak akurat.

Test pack relatif mudah diperoleh. Di apotik clan supermarket tersedia berbagal macam test pack yang mudah digunakan. Anda tinggal mencelupkan atau menetesinya dengan urine Anda dan tunggu selama beberapa menit sampai muncul tanda positif negatif atau berapa jumlah strip muncul (baca petunjuk pemakaiannya dengan saksama sebelum menggunakannya). Tes ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari dengan menggunakan urine pertama. Mengapa demikian? Karena pada pagi hari tubuh Anda belum 'tercemar' makanan pagi di mana ada lemak, protein, ada gula, juga ada mineral yang ditambahkan pada sewaktu sarapah.

Cara Mengetahui Kehamilan dengan Test darah

Tes darah prinsipnya sama dengan tes urine, yaitu menguji adanya HCG dalam tubuh. Tingkat keakuratan tes darah dengan tes urine hampir sama. Bedanya, tes darah tidak dapat dilakukan sendiri di rumah, melainkan dilakukan di laboratorium dengan jalan mengambil contoh darah. Jika terdapat peningkatan HCG di dalam darah Anda, Anda dinyatakan positif. demiktan Pula sebaliknya.

Demikian tulisan Tips Mudah Mengetahui Kehamilan dengan Test Urin dan Darah yang disarikan dari buku Panduan Super Lengkap Hamil Sehat karya Suwignyo. Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »