Manfaat, Cara, dan Teknik Latihan Yoga

Manfaat Yoga - Yoga seolah sudah menjadi kebutuhan masyarakat dewasa ini. Selain praktis, menjatuhkan pilihan olahraga rutin pada yoga tidak salah, karena manfaatnya yang memang sangat menguntungkan. Yoga ini dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat karena tidak terikat budaya maupun agama apapun.

Mungkin memang ada kalangan yang menganggap bahwa yoga haram. Tapi sebenarnya, para praktisi yoga sendiri menolak jika yoga dikaitkan dengan satu agama tertentu. Jadi tidak tepat jika dikatakan yoga haram.

Manfaat Yoga dan Teknik Latihan Yoga

manfaat yoga

Berikut manfaat yoga bagi tubuh:

Fleksibilitas

Salah satu bagian can yoga disebut asana yang bekerja secara aman untuk stretching otot Anda. Proses ini melepaskan asam laktat yang biasanya menyebabkan kekakuan, ketegangan, sakit dan kelelahan. Selain itu, yoga juga meningkatkan berbagai gerakan di sendi dan meningkatkan lubrikasi di sendi.

Stretch pada yoga tidak hanya untuk otot tapi untuk seluruh sel-sel tubuh anda. Dalam suatu studi ditemukan bahwa pernafasan juga termasuk dalam yoga yang akan meningkatkan kapasitas paru-paru kita.

Hal tersebut bisa meningkatkan penampilan dan kinerja kita. Tetapi, tipikal dari yoga tidak difokuskan pada aerobik fitnes seperti berjalan atau bersepeda. Sebagian besar gaya yoga menekankan pada dalam dan panjangnya nafas Anda. Ini juga yang merangsang respons relaksasi yang akan berlawanan dengan peningkatan respons dari stres.

Yoga dapat mengurangi stres dan Iebih tenang

yoga binatang Beberapa gaya yoga menggunakan teknik meditasi khusus untuk membuat pikiran yang sering stres menjadi lebih tenang. Gaya yoga lainnya juga tergantung pada teknik bernafas yang mendalam untuk memfokuskan pikiran, yang membuat pikiran menjadi lebih tenang. Beberapa manfaat yoga anti-stres dihubungkan dengan biochemical, misalnya terjadi penurunan catecholamines, hormon yang dihasilkan oleh kelenjar adrenalin dalam respon terhadap stres. Menurunkan tingkat hormon neurotransmitter, dopamine, norepinephrine, epinephrine dan menciptakan rasa tenang.

Beberapa penelitian memfokuskan pada peningkatan hormon oxytocin yaitu hormon yang terkait dengan rasa santai dan terhubung ke orang lain. Hal ini yang memungkinkan banyaknya hubungan asmara yang dimulai di studio yoga.

Yogya Membuat Konsentrasi dan mood Iebih baik

Hampir setiap siswa yang mengikuti kelas yoga merasa lebih bahagia dan puas. Penelitian baru-baru ini mengeksplorasi efek dari yoga pada depresi, manfaat yang 1p didapat adalah adanya peningkatan aliran oksigen ke otak. Yoga juga disarankan sebagai terapi untuk meringankan gejala obsessive dan disorder.

Jantung Iebih sehat Dengan Yoga

Mungkin salah satu manfaat dari latihan yoga yang paling dipelajari adalah efeknya pada penyakit jantung. Yoga telah lama dikenal untuk menurunkan tekanan darah dan memperlambat denyut jantung. Manfaat dari memperlambat denyut jantung sangat berarti pada orang yang hipertensi, penyakit jantung dan stroke. Yoga adalah komponen kunci untuk program penyakit jantung yang dirancang oleh Dean, MD. Ini adalah program pertama untuk penanganan penyakit jantung dengan gaya hidup melalui diet dibandingkan dengan operasi. Yoga juga telah dikaitkan dengan penurunan tingkat kolesterol dan trigliserida serta dalam peningkatan fungsi sistem kekebalan.

Memberikan efek Iebih balk secara medis

Yoga telah menjadi populer di dunia barat, peneliti medis juga mulai belajar manfaat terapeutik yoga, yang disebut dengan integrative yoga therapy (IYT). Ada yang digunakan sebagai perawatan tambahan medis untuk kondisi tertentu dari depresi klinis sampai penyakit jantung. Manfaat yoga yang lain adalah untuk kondisi medis kronis, seperti menghilangkan gejala asma, back pain dan arthritis.

Beberapa studi juga menyatakan bahwa yoga memiliki dampak positif pada pembelajaran dan memori. Untuk dapat memastikan dan merasakan manfaat dari yoga tidak ada salahnya untuk anda datang ke tempat latihan yoga, dan mulailah untuk merasakan manfaatnya.

baca juga: Cara Mudah Agar Tidak Gampang Capek

Demikian tulisan tentang manfaat, tekni, cara melakukan yoga. Disarikan dari buku Cantik Sehat Energik karya Malahayati SPd. Semoga bermanfaat. Salam Sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »