Manfaat Buah dan Jus Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jus Tomat – Tomat adalah satu jenis sayuran yang memiliki banyak sekali manfaat. Sebelumnya saya sudah pernah memposting tulisan dengan judul Manfaat dan Keunggulan Buah dan Sayuran. Silahkan anda baca sebelum anda membaca manfaat jus tomat dan buah tomat untuk kesehata dan kecantikan ini.

Ya, tomat tentu sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia. Reputasi tomat sebagai salah satu buah dan sayur yang menyehatkan pula sudah dikenal oleh banyak orang. Tomat yang mudah ditanam & didapatkan, serta murah jadi salah satu alasan mengapa sayuran ini harus dikonsumsi untuk menambah kesehatan.

Sama laksana memakan buahnya secara utuh, jus tomat juga punya tidak sedikit khasiat & manfaat bagi kesehatan. Berikut yaitu beberapa alasan untuk lebih sering mengonsumsi jus tomat karena khasiatnya bagi kesehatan, seperti dilansir oleh Boldsky yang kemudian dilansir kembali oleh Merdeka dot com dan beberapa situs lain.

Manfaat Buah dan Jus Tomat Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat jus tomat

Manfaat buah tomat untuk kesehatan, tidak lepas dr kandungan nutrisi di dalamnya. Buah tomat mengandung mengandung alkaloid solanin (0,007%), saponin, asam folat, asam malat, asam sitrat, bioflavonoid (termasuk rutin), protein, lemak, gula (glukosa, fruktosa), adenin, trigonelin, kholin, tomatin, mineral (Kalsium, Magnesium, Posfor, Kalium, Natrium, Besi, sulfur, chlorine), vitamin (B1, B2, B6, C, E, likopen, niasin), dan histamin.

Rutin dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Klorin dan sulfur adalah trace element yang bermanfaat detoksikan. Klorin alamiah menstimulir kerja hati untuk membuang racun tubuh dan sulfur melindungi hati dari terjadinya sirosis hati serta penyakit hati lainnya. Likopen adalah pigmen kuning beta karoten pada tomat. Tomatin berkhasiat sebagai antibiotik. Selain buahnya, daun tomat juga terdapat kandungan pektin, arbutin, amigdalin, dan alkaloid. – Tidak heran jika tomat memiliki banyak manfaat

manfaat buah tomat

1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh adalah salah satu (1) pertahanan diri manusia untuk menghalau & menyembuhkan penyakit. Dengan kekebalan badan yang kuat, manusia bisa terhindar dr banyak penyakit yang berbahaya. Jus tomat dapat menolong Anda menambah sistem kekebalan tubuh melalui nutrisi yang ada di dalamnya. Ini karena jus tomat mengandung tidak sedikit vitamin A & C. Tak cuma itu, mengonsumsi jus tomat juga bagus untuk kesehatan mata.

2. Cocok Dimakan Siapa saja

Jus tomat terdapat kandungan banyak vitamin dan mineral. Mulai dari vitamin A, C, K, folat, potasium, serat, & air. Ini membuat jus tomat jadi salah satu (1) minuman alami yang kaya nutrisi bagi semua orang. Tak hanya itu, jus tomat juga punya kalori yang rendah hingga bagus untuk menurunkan berat badan. Sodium, lemak jenuh, & kolesterol dalam jus tomat juga rendah hingga cocok dikonsumsi oleh siapa saja.

3. Mengurangi kolesterol jahat

Saat ini semakin tidak sedikit orang yang khawatir dengan kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Jus tomat dapat membantu Kamu untuk mengatasinya. Jus tomat yang kaya hendak niacin hendak mengontrol jumlah kolesterol jahat dalam badan. Serat yang terkandung di dalamnya juga membantu menghilangkan kolesterol jahat.

4. Menyehatkan jantung

Selain mengontrol jumlah kolesterol jahat yang secara tak langsung juga berimbas pada kesehatan jantung, jus tomat pula punya manfaat lain untuk jantung. Vitamin B6 yang ada di dalamnya membantu melindungi pembuluh darah dr kerusakan. Jus tomat juga mengandung potasium yang bisa menurunkan tekanan darah pada badan.

5. Menyehatkan kulit
Tomat yang terdapat kandungan beta karoten tak hanya baik untuk kesehatan mata, melainkan juga untuk kesehatan kulit. Beta karoten diketahui bisa memperlambat proses penuaan. Selain itu, jus tomat juga dapat menjadi salah satu (1) minuman alami yang membantu Anda menghilangkan jerawat dan kutil.

6. Tomat membantu program diet
Bagi Anda yang tengah berusaha menurunkan berat badan, jus tomat dapat so kawan baru Kamu! Meminum jus tomat secara teratur adalah cara termudah yang dapat Kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Jus tomat punya tingkat kalori yang rendah dan tak akan menggemukkan. Selain itu, jus tomat juga menjadikan Anda kenyang & kandungan nutrisi di dalamnya menolong mengeluarkan racun dr dalam badan. Memakan jus tomat tidak hanya membuat Kamu sehat, tetapi juga tetap langsing.

7. Mengobati Jerawat
Manfaat Tomat Untuk Kecantikan - Tambahkan 25 ml alkohol 70% pada jus tomat (100 ml), kemudian kocok merata. Gunakan campuran tersebut untuk menggosok muka yang berjerawat. Lakukan pemulihan atau perawatan tersebut 2 sampai 3 kali sehari.

8. Kulit terbakar sinar matahari
Bukan cuma buah tomat, daunnya pula memiliki khasiat untuk kecantikan kulit. Cuci daun muda yang masih segar, kemudian giling hingga halus. Balurkan pada kulit yang terbakar.

9. Mengobati Wasir
Rebus beberapa buah tomat yang sudah masak dalam minyak kelapa selama kira-kira sepuluh menit, lalu saring dengan sepotong kain. Setelah dingin, oleskanlah pada wasirnya.

10. Mengatasi hipertensi
Makan buah tomat segar sebanyak 1 hingga 2 buah pada waktu pagi hari, ketika perut masih kosong.

11. Mengobati luka memar
Kalau Kamu mengalami luka memar akibat terbentur  / terpukul, obati dengan tomat. Tim jus tomat yang ditambah dengan air jahe, lalu minum setelah dingin.

12. Meningkatkan nafsu makan
Jika anak Anda mengalami susah makan, suruh dia meminum jus tomat satu jam sebelum mengonsumsi. Insya Alloh nafsu makannya akan bertambah.

Ternyata, tomat yang dalam waktu ini kita kenal sebagai bahan masakan, memiliki manfaat besar untuk kesehatan. So, jangan ragu untuk mengkonsumsi tomat karena khasiatnya pula luar biasa.

13. Mengobati Demam
Cuci bersih 3 buah tomat masak, lalu potong-potong seperlunya. Lumatkan dalam setengah cangkir air masak & satu sendok mengonsumsi madu murni. Peras dan saring airnya, lalu minum. Lakukan tiga (3) kali satu hari. Penderita diabetes melitus dilarang menambahkan madu murni agar kadar glukosa darah tak meningkat.

14. Radang usus buntu, sakit kuning
Minum jus tomat, satu hari tiga kali, masing-masing satu cangkir. Tetap berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

14. Radang gusi dan gusi berdarah
Cuci buah tomat yang telah masak, lalu mengonsumsi mentah. Lakukan sehari dua kali, selama kurang lebih satu (1) bulan.

15. Ulkus lambung
Iris tomat masak & jeruk yang diasamkan masing-masing satu (1) buah. Tambahkan satu sendok makan madu, kemudian aduk merata. Makan sedikit-demi sedikit, sehari 3 sampai 4 kali, selama tiga minggu.

16. Mengobati Sariawan
Potong-potong buah tomat yang sudah masak (dua (2) buah), lalu masak dengan ikan segar. Sesudah dingin, makan. Lakukan setiap hari selama 1 sampai 2 pekan hingga terlihat perbaikan.

17. Aman diminum Pasien Diabetes

Selain bernutrisi, jus tomat pula aman dikonsumsi oleh siapa saja, tergolong pasien diabetes. Jika dalam waktu ini pasien diabetes senantiasa wajib waspada dengan makanan dan minuman yang dikonsumsinya, mereka tak perlu khawatir saat minum jus tomat. Jus tomat memiliki kandungan vitamin B1 yang bisa mengubah gula darah jadi energi. Hingga tak cuma kondusif diminum, jus tomat pula dapat berguna bagi penderita diabetes.

Itulah beberapa manfaat & khasiat kesehatan dari jus tomat. Tentunya manfaat di atas ngasih Anda alasan untuk makan buah tomat dan minum jus tomat secara teratur.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »