Mengetahui Jenis-jenis Kain Agar Tidak Tertipu

Jenis-jenis Kain – Ada cara mudah agar kita tidak gampang tertipu. Apalagi kalau bukan kehatian-hatian. Tapi hati-hati saja tidaklah cukup. Orang boleh berhati-hati tetapi selama ia tidak memiliki pengetahuan tentang sesuatu maka ia akan gampang tertipu dan bahkan ditipu. Termasuk ketika berbelanja secara online. Khusus berbelanja baju yang harus diperhatikan adalah memahami jenis-jenis kain.

Kain ada banyak jenisnya, jika anda tidak tahu maka anda bisa jadi akan membayar mahal untuk baju dengan kain yang murah. Ini tentu tidak ingin kita alami. Maka, yuk simak pembahasan seputar jenis-jenis kain.

Jenis-jenis Kain

Jenis Kain Wools

Kain wools adalah jenis kain yang biasa digunakan untuk jaket atau sweater. Jenis kain ini bobotnya berat. Meski begitu kain wools jika dirawat akan bisa bertahan lama alias awet.

Jenis Kain Blacu

Kain blacu biasa digunakan sebagai pembungkus tepung. Kain blacu terbuat dari bahan kapas. Kain ini sangat mudah dibentuk dan menjadi kain yang ramah lingkungan karena menggunakan bahan dasar alami.
Jenis Kain PE

Anda sudah kenal kain Katun. Nah jenis kain PE ini agak mirip dengan katun, hanya saja kualitasnya ada satu tingkat di bawahnya. Harganya tentu saja lebih murah. Kainnya lebih tipis dan lemas. Kalau anda pesan kaos dengan bahan ini, harganya berkisar 45 ribu per kaos. Bahan dasar kain PE adalah benang polyester.

Jenis Kain Katun

Kami sudah membahas jenis-jenis kain katun secara lebih detail. Silakan anda baca jenis-jenis kain katun.
jenis katun rayon



Jenis Kain Chiffon. Kain Chiffon termasuk kain yang ringan. Bahan dasarnya katun, sutera atau fiber sintesis.
Jenis Kain Akrilit adalah kain yang biasa digunakan untuk baju kemeja.
Kain Ceruti adalah kain yang mirip dengan dengan chiffon. Kain ini biasa digunakan sebagai bahan pembuat jilbab atau kerudung.
Jenis Kain Satin yaitu kain yang punya permukaan mengkilap dan lidin namun bagian belakangnya suram.
Jenis Kain Flannel. Kain flanem adalah salah satu jenis kain yang dibuat dari bahan dasar serat wol, tanpa ditenun. Kain ini memiliki tekstur yang agak tebal, namun sangat lembut dan lentur sehingga mudah dibentuk apa saja. Begitu.
Jenis Kain Sutra. Siapa tidak tahu kain suter. Kain ini ringan sekali dan kain ini juga punya tekstur yang sangat lembut sehingga harus berhati-hati dalam penjahitan maupun perawatan lain, misalnya pencucian dan penyetrikaan.

Jenis Kain Rayon. Biasa pula dikenal dengan rayon viskosa atau sutra buatan. Rayon merupakan jenis kain yang biasanya tampak berkilau dan tidak mudah kusut. Khusus di Indonesia, kain rayon merupakan bahan baku untuk industry kain baju batik.

Jenis Kain Lycra. Jenis kain ini punya tekstur lembut dan elastic. Sebagian besar kain ini digunakan sebagai bahan dasar pakaian dalam.
Jenis Kain Denin yaitu kain yang bertekstur kasar dan punya cirri khas tertentu, yaitu kainya kadang berwarna “belel”.

Itulah tadi pembahasan seputar mengenal macam-macam kain agar anda tidak mudah tertipu. Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »