Gaya Hidup Baru, Kembali Ke Obat Herbal

Kelebihan Obat Herbal - "New green wave" adalah istilah untuk gelombang perubahan kembali ke alam (back to nature) pada masa­masa belakangan ini. Orang-orang kembali menggunakan cara-cara alami dan mulai meninggalkan obat-obatan modern yang banyak efek sampingnya. Kekhawatiran ini cukup beralasan, mengingat bahaya efek samping dari obat-obatan modern. Salah satu buku tentang kesehatan praktis, malah menganjurkan dengan terang-terangan untuk "Jangan ke Dokter". Namun, tentu saja maksudnya bukan untuk menyaingi ilmu kedokteran modern yang juga sudah berkembang pesat dari waktu ke waktu.

Satu hal yang bisa mempengaruhi kesehatan kita adalah makanan. Tak jarang makanan yang kita konsumsi telah terkontaminasi oleh berbagai macam insektisida atau ditanam pada tanah yang tidak memiliki humus akibat pemberian pupuk kimia. Teknik pengolahan makanan secara modern juga telah menurunkan nilai gizi makanan karena adanya penambahan bahan pengawet, pewarna buatan, dan bahan penyedap makanan. Sebut saja monosodium glutamat (MSG), natrium sikiamat, sakarin, dan bahan‑bahan kimia lainnya. Jika bahan-bahan itu dikonsumsi terus dan menumpuk di dalam tubuh, maka ujung-ujungnya bisa menjadi penyakit, misalnya kanker. - Gaya Hidup Baru

Gaya Hidup Baru, Kembali Ke Obat Herbal

kembali ke obat herbal

Akibatnya ilmu kedokteran pun bekerja keras untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan yang harus dipenuhinya di lapangan. Riset demi riset dilakukan, cara pengobatan pun makin berkembang. Konsekuensinya, biaya pengobatan otomatis bertambah mahal sehingga tak semua orang bisa berobat ke dokter kecuali orang-orang yang mantap kondisi finansialnya.

Kembali ke alam adalah upaya yang dilakukan oleh sebagian ahli pengobatan, terutama pengobatan herbal. Mereka yang mencanangkan gerakan kembali ke alam ini, memandang perlunya memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kita. Banyak di antaranya yang tidak mengetahui bahwa tumbuhan yang dianggap sepele, ternyata mengandung khasiat yang baik untuk kesehatan. Penelitian-penelitian ini kemudian melahirkan banyaknya obat-obatan herbal yang dijual di pasaran mulai dari harga yang terjangkau sampai harga yang cukup tinggi.

Kelebihan dari obat-obatan herbal tersebut adalah unsur alami dalam obat tersebut, menimbulkan efek samping yang minim, bahkan ada yang tanpa efek samping sama sekali. Selain itu, harga obatnya juga lebih terjangkau daripada obat-obat yang ditebus dengan resep dokter, Sebagian dari obat-obatan tersebut juga dapat diramu dengan mudahnya dari bahan-bahan yang mudah didapat di sekeliling kita.

Disarikan dari buku Cantik Sehat Energik karya Malahayati SPd

Demikian tulisan tentang gaya hidup kembali ke alam. semoga bermanfaat. salam sehat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »